Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDA Space Teens

Loading

Belajar Memberi dengan Main Game Online

Dedy Yanuar's picture

Main game adalah kesukaanku sejak kecil. sebelum aku sekolah tk aku sudah main nintendo. waktu itu aku main sehari paling 1-2 jam, itu pun mainnya setengah jam sekali udahan. ya aku ingat, aku suka banget main mario bros 3, karena marionya bisa terbang pake buntut. aku juga suka waktu kecil main game yg loncat2an (game action). ya memang indah kenangan masa kecil.

kemarin2 in aku berpikir sebenarnya bermain game itu untuk apa? apakah untuk mencari kesenangan? apakah untuk mencari uang? atau untuk apakah aku bermain game online setiap hari?

aku menemukan beberapa jawaban dari pertanyaan "untuk apakah aku main game online setiap hari?"

aku main game online setiap hari untuk mencoba hal2 yg rohani. seperti belajar memberi. inilah pikirku "kalau memberikan barang virtual saja tidak bisa (atau susah), bagaimana mungkin kita dapat memberi sesuatu (hal rohani atau hal jasmani) kepada orang lain di dunia nyata?"

dan ada lagi hal yg aku temukan di dunia maya (dunia game online). Kita dapat menjumpai bermacam-macam karakter, dari yg sangat baik sampai yg sangat jahat. bahkan kita dapat menemukan karakter seseorang yg tidak dapat kita temukan di dunia nyata, karena karakter tersebut hanya ada di dalam pikiran seseorang. bahkan orang jahat pun bisa belajar berbuat baik di dunia game online, dan sebaliknya orang yang baik bisa mencoba jadi karakter yang jahat. setiap kali kita membuat karakter baik ataupun jahat selalu ada respon dari karakter lain yg kita temui. ya biasanya karakter yg jahat dibenci sama karakter yang lain.

aku juga pernah mencoba menjadi karakter yg jahat. wah, pada waktu itu aku dibenci sama banyak karakter lain. hehehe. kalau gak dicoba kan bikin penasaran. biasanya aku memakai karakter di dunia maya sama seperti karakterku di dunia nyata.

dan hasilnya aku dapat tahu respon dari banyak karakter. ada yg suka berterima kasih, ada juga yg ngk tahu cara berterima kasih. kata orang udah di kasih ati minta ampela. walaupun hal itu suangat juarang kutemui, tetep aja bikin sebel.

OOT:

aku sekarang lagi belajar cara untuk mengetahui agama seseorang di dalam game online. kalau tanya untuk apa aku ingin mengetahui agama seseorang ya sudah jelas, aku ingin memberitakan janji keselamatan di dunia game online. kita yang suka main di warnet atau game center pasti tahu banyak banget orang yg gila main game sampai ngk tahu percaya ama siapa. aku pernah menemukan orang yg mengaku atheis di dunia game online.

kalau aku ketemu orang kristen juga di dunia game online, aku sangat bersyukur. dan bisa saling mengingatkan untuk beribadah dan berdoa. dan kalau kita ketemu orang kristen yg malas beribadah, ya kita nasehati saja.

kalau ketemu orang yg belum beragama Kristen ya kita bersaksi aja kepada dia. semoga saja dia bisa diselamatkan Tuhan.

pengalaman yg aku dapat jangan sekali-kali menjelekan agama seseorang.

aneh ya karena aku berpikir menginjil di dunia maya? maaf...maaf kalau aku aneh. hehehehe

segitu dulu....

Dedy Yanuar

menginjil di dunia maya?

amelia's picture

hahaha, ini nih yanf seru, baru kali ini denger. Biasanya cm denger klo situs bisa dipakai untuk memberitakan kabar keselamatan alias menginjili, dan itu sudah dipraktekkan sama banyak orang, yayasan, dan gereja. Tapi klo menginjili pakai game online? wah baru kali ini denger.

Tapi bagus juga idenya, secara game online kan lebih real karena dimainkan oleh banyak orang sekaligus, kenapa ga nyari tau agamanya? dan nginjilin :)

Koh dedy, klo ak biasanya dari game online terus merembet ke yman atau chating, lambat laun biasanya terus tahu agama mereka apa, terutama dalam event2 khusus, misalnya natal, puasa dll. Tp ak ga pernah kepikiran buat ngomongin soal Yesus.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

wah kelamaan kalau nunggu event tertentu

Dedy Yanuar's picture

wah kalau lama kayak nunggu event tertentu, berarti ngk praktis. nih aku share bagaimana cara mengetahui agama seseorang. maaf bila gagal, ya harap maklum.

langkah pertama, kita berteman sama dia.

langkah kedua, kenalin dulu nih orang sifatnya kayak apa.

langkah ketiga, nah kalau orang ini baik (dipandang secara dunia baik), langsung hajar deh dengan pertanyaan. pertanyaan yg biasanya aku tanyakan pertama kali adalah tentang ibadah orang Islam.

misalnya kalau sekitar jam 6 sore atau hari jumat jam 12-an siang, aku suka bertanya "kk/cc gak sholat?"

misalnya kalau kita main sampe jam 11 malam, aku suka bertanya "kk/cc tidurnya jam berapa?" nah kalau dia bilang tidurnya gak tentu atau malem banget. kita tanya lagi "gimana caranya kk/cc bangun subuh?

selama ini sih manjur, tapi ya namanya juga indonesia, kalau di tanya begitu gak akan ada yg marah. kan mayoritas orang Islam. dan untungnya kalau dia orang Islam dan di ingatkan untuk sholat, dia pasti jadi suka dengan kita. jadi gak rugi apa-apa.

memang melakukan hal itu perlu keberanian dan kekuatan dari Roh Kudus. tanpa Roh Kudus pasti sia-sia.

hayo bingung kan mengapa aku gak masalah mengingatkan dia untuk beribadah? menurutku kalau orang Islam itu benar2 mencari kebenaran di Al-Quran mereka, mereka akan menemukan Yesus di Al-Quran mereka.

mau baca kesaksian orang Islam yg menjadi Kristen?

nih linknya Kerudung yang Terkoyak

segitu dulu....

Dedy Yanuar 

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Oya mau share dikit nih,

amelia's picture

Oya mau share dikit nih, waktu main travian kmrn, ak sempet kesel banget sama yang main serang desaku, ak kan masih rookie disitu jadi jelas ga ad pertahanan apa2, masih sibuk upgrade ladang sama tambang. Terus saking jengkelnya ak sampe dendam, dalam hati ak bertekad klo ak udah kuat mau ak luluh lantakkan desanya :p

Ugh, ternyata main game perlu hikmat juga yah.. karena ingin menjadi yang terkuat tidak jarang sampe menghalalkan segala cara.

Btw, pernah main game "The Crims"?

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

KEHIDUPAN LEBIH SERU DAN MANAKJUBKAN DARIPADA SEBUAH GAME ONLINE

freya's picture

TUHAN menciptakan semesta dan kehidupan manusia adalah sebuah maha karya agung dan menakjubkan dengan dinamika komplek sebagai proses kesempurnaan.

Seperti suatu geme online, kehidupan dalam situs "Rencana Akhir ILLAHI" penuh warna-warni dengan giga pixel yang tak terhitung,suara-suara multi frekuensi serta special effect yang tak terbayangkan...Namun untuk mengunduh "game ini tidak gratis! Not Free Game! Game hidup kita perlu pengorbanan, ketulusan, kesetiaan, kesungguhan dan kepasrahan dalam iman percaya kepada segala peraturan San Admin ILLAHI untuk menghadapi tantangan/setiap permasalahan dan hambatan serta memperhitungkan kemungkinan-kemungkinan baik-buruk menuju tujuan (kemenangan.
Bahkan sampai jam hidup seluruh manusai berhenti, Sang Admin Yang Agung masih menggerakkan "game" NYA untuk menuju suatu ending yang telah terprogram dan tak akan bisa dikalahkan oleh siapapun dan apapun kecuali oleh player yang benar-benar mengikuti aturan yang disarankan SANG Admin dan tidak menyimpang dari petunjuk yang ada.Semua akan aman dan baik-baik saja jika anda selalu berada dalam penyelamatan, selalu ada jalan keluar.

oke, teman belajar menghadapi "musuh" dalah game hidup kita yang terbentang di bawah garis semesta adalah lebih menarik dan menakjubkan dari bermain Game di depan layar kecil.Karena kita tidak bisa dengan sesuka hati keluar dari game hidup dan menghindar pergumulan hidup....so, selamat memenangkan permainan Hidupmu....

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Disclaimer | Situs ini dibuat oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) © 2008-2016 | Buku Tamu | E-mail: webmastersabda.org
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran