Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDA Space Teens

Loading

Dating

in
Nael's picture

Kencan.
Salah satu topik yang paling disukai anak muda adalah ini.
Renungan sebelumnya (cara yang baik dalam berpacaran secara kristen) kita diajarkan untuk memilih seseorang
pendamping atau pasangan hidup yang seimbang. Keduanya adalah orang yang
memiliki visi yang sama yaitu bersandar pada Tuhan kita, Yesus Kristus.
Itu benar dan baik sekali. Itu adalah dasar dari sebuah hubungan yang
lebih intim. Akan tetapi bagaimana dengan kita yang istilahnya sudah
berusaha mencari pasangan yang seimbang akan tetapi selalu saja tidak
cocok dan selalu menghadapi berbagai kendala. Lalu, kita seakan
benar-benar ingin memiliki pacar karena kita pikir inilah waktunya kita
berpacaran. Apa yang harus dilakukan?

Suatu hari saya menonton
sekilas acara America's Got Talent. Dimana dalam acara itu adalah ajang
pencari bakat yang unik. Banyak peserta yang menunjukkan bakatnya untuk
mendapatkan hadiah sejumlah uang yang cukup besar dan mereka akan di
bawa ke Los Angeles. Tetapi yang menjadi parhatian saya adalah ada
seorang wanita yang berumur 43 tahun dengan bibir sumbing. Namanya
adalah Karin. Dia belum pernah merasakan indahnya pacaran bahkan kencan.
Tapi dia memiliki bakat yaitu menyanyi. Sebelumnya dia pernah mencoba
menyanyi di kapal pesiar, tapi para penonton setelah melihat wajahnya
yang sumbing itu tidak mau mendengarkannya dan dia dilarang menyanyi.
Pada acara America's Got Talent itulah dia bisa menunjukkan suara emas
nya di hadapan beribu-ribu penonton. Dan tentu, ia lulus dalam seleksi.
Meskipun hidupnya begitu, tetapi ia mendapatkan impiannya.

Hei,
apa yang menjadi bahan renungan? Oh.. tentu saja kisah seorang wanita
ini. Wanita ini tentunya memiliki hati dan perasaan yang sama dengan
kita. Sebagai manusia tentunya kita ingin memiliki seorang pendamping
hidup atau pacar yang bisa saling share lebih pribadi tentang kehidupan.
Menopang kita saat kita jatuh. Orang spesial dan orang yang benar-benar
menghargai kepribadian kita. Tapi apa yang wanita ini dapatkan? Ia
tidak pernah berhubungan khusus dengan lawan jenis, dan mungkin banyak
juga orang-orang yang seperti dia. Ya, ini menandakan bahwa bagi kita
yang tidak memiliki pasangan saat-saat ini atau belum pernah pacaran
atau ingin cepat-cepat memiliki pacar tetapi tidak kesampaian melulu;
kita harus ingat bahwa ada orang yang bisa dikatakan tidak mendapatkan
yang lebih baik dari pada yang kita dapatkan.

Apa sisi positifnya
jika kita belum memiliki pasangan? Entah itu memang Tuhan masih belum
mengizinkan kepada kita atau mungkin apabila kita memiliki pasangan yang
terlalu dini, kita akan kalah terhadap godaan seks. Dan jika godaan
seks sudah mengalahkan kita maka hancurlah kehidupan kita. Semua itu
hanya membawa kita ke dalam hal yang buruk. Hidup kita akan terbuang
sia-sia.
Tetapi selagi kita bebas/belum memiliki pasangan, maka hidup
kita bisa kita fokuskan pada hal yang lebih bermakna dan berarti. Pada
keluarga, teman baik, dan tentunya pada impian kita. Apakah itu menjadi
seorang pelajar yang sukses, guru yang sukses, penyanyi yang sukses,
pribadi yang siap melayani Tuhan tanpa kendala seks atau apapun yang
kalian impikan. Itu bisa dicapai tanpa halangan yang berarti dari
seorang pasangan kita.

Oleh karena itu, marilah kita bersyukurlah
untuk segala keadaan yang kita alami. Karena Tuhan lebih tahu dari kita
apa yang kita butuhkan. Kapan kita akan diberi pendamping hidup
hanyalah Tuhan yang tahu. Jika mau tahu kapan, sering-sering-lah
berkomunikasi dengan Tuhan lewat doa dan perenungan Alkitab. Suatu saat
nanti pasti Tuhan menyediakan seseorang yang terbaik untuk kita semua.
Tuhan tahu segala kebutuhan kita.
Dan bagi yang sudah memiliki
pasangan tetaplah kuat dan saling membangun jangan saling menjadi beban.

Pengkotbah
3:11
"Tuhan membuat segala sesuatu indah pada waktunya..."
Everything
is gonna be alright
God Bless~~

bener2...

novi lorensia's picture

bener banget itu,..
jujur aja, sampai sekarang, sampai usiaku 17 tahun, aku blm pernah pacaran sm sekali. tiap kali aku deket sm seseorang, selalu ada saja sesuatu yang ngebuat dia nggak bs jd cowokku,..
sampe sahabat2ku, terlalu berusaha nyariin aku cowok yg tepat..(hehehheehhe..tp selalu gagal)

tapi, waktu aku lahir baru,..semuanya itu malah sm sekali nggak jadi bahan pikiranku kayak dulu,..
karena sekarang, aku punya seseorang yang jauh lebih sempurna, lebih luar biasa, lebih setia, dan lebih mencintai aku,..
aku punya Yesus,.. yang telah memenuhi seluruh hati dan hidupku..

dan aku hanya mau menunggu waktu Tuhan untuk melakukan setiap rencaNya, di dlm waktuNya,..sesuai dengan kehendak kasihNya...

karena, menjaga kekudusan diri seorang remaja, apa lagi jika sudah dekat dengan seorang lawan jenis..itu sangatlah sulit jika tanpa iman yang kuat..

^^

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

yepyep

Nael's picture

Sippp..betul, sebenernya dolo juga gw ngerasain pengen banget punya cewe.. tapi setelah dipikir2, ga terlalu penting atau mendesak juga sih.. lagian bener kata km, Tuhan Yesus tau yang terbaik buat kita lahh.. Jadi kita harus bener2 mikirin apa keinginan kita memang bermanfaat atau hanya untuk bersenang2 saja..hehe

Yuppp, kita harus nambah iman supaya makin kuat, btw gimana caranya??^^

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

single happy :)

goguma's picture

aku juga single ni Sealed

Ada enak en gak enaknya juga sih. Betul banget kata Nael yang bilang kalo jadi single tu bisa lebih fokus ke keluarga + sahabat + impian. Tapi ada waktunya juga pengin punya cowok -- yang bisa diajak curhat, siap jadi "sopir", de-el-el. Tapi, kalo waktu itu dateng, aku sih biasanya langsung nginget masa-masa dikecewain&disakitin ma pacar. Gak pengin pacaran (dalam waktu dekat) lagi deh akhirnya Tongue out

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

('o') LOE , (' ,') GUE = (--) END

double, happy :)

Nael's picture

Sabar aja ya popuri berambut pink, ntar juga ada cowo baik hati yang tergila-gila sama km n km-nya juga tergila-gila ama dya..hahaha nah begitu kejadian kaya gitu jadi double kan..pasti happy juga dah! Sipp..pokoknya bersyukurlah dalam segala hal.. Nikmatin aja hidup kita sekarang dengan baik.. :D

 

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Dr All

Geadley Lian's picture

Ada benarnya juga kata2mu nael tentang seseorang yang belum punya pacar bisa fokus dengan masa depannya.Tentang wanita yang kamu critakan itu,buat gue jadi kasian sama dia karena ngak pernah punya pacar meskipun sudah berusia 43 tahun.
Kalo bagi pandangan secara duniawi ngak mungkin wanita itu bisa melahirkan cahaya mata lagi tapi bagi Tuhan tiada yang mustahil.Memang kita menantikan siapa yang Tuhan akan pilih buat kita karena bagi dia masih belum terlambat.

Bagi popuri,jangan mudah putus harapan setelah kamu dikecewakan.Kamu masih muda dan masih ada ruang buatmu utk menantikan yang terbaik dari Tuhan.

Aku juga pernah ingin mencari pacar tetapi gagal gaya kamu novi,gue akui bahwa gue ini ngak segantang manapun dari sebilangan pria2 yg lain.Hanya apa yang bisa gue bilang gue ini orang yang ngak begitu sempurna dipandangan orang.Hanya Tuhan saja yang tau semuanya & gue hanya bisa bersabar menantikan waktunya Tuhan memilih yang terbaik buatku

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

:)

Nael's picture

Sippp..tapi jangan salah geadley,, selain cewe yang berumur 43 tahun.. masih banyak juga orang yang senasib dengan dia dan bahkan umurnya jauh lebih tua..hohoho tapi meskipun begitu, mereka tetap kuat menjalani hidup.. oleh karena itu kita juga harus meneladani sikap mereka yang bersabar dan tidak meratapi nasibnya.. harus lebih semangat bro!..

Tuhan pasti kasih yang terbaik buat kita, asal kita juga jangan salah langkah dan minta pimpinan Tuhan dalam kehidupan kita, khususnya percintaan.. :D

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Hmm..

Coronahsfz's picture

Aku jg smpai skrg,17 thn. Aku blm prnh pcrn.

stiap kali aku naksir sm seorg pria dan ign brknaln slalu sj ada halgn..

Dan sama kyk novi, sangkin sya blm prnh pcrn,ada tman yg nyariin..

Kykx memang Tuhan belum mau sya pcrn..

Tpi sya yakin, TUHAN melakukan smua ini krn Ia terlalu sayang sama kita & Ia mau kita mndptkn seorang pasangan yg baik dan terbaik..
..Tks Yesus..
:-)

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

THANKS GOD

ehh??

Nael's picture

Coronahsfz tuh perempuan ya!?haha.. diqra cowo loh.. ;p

yup oke dah.. dengan pengalaman yang dibagiin ini, kita tahu bahwa kita tidak sendirian. Dan lagipula kita tahu bahwa Tuhan turut campur dalam kehidupan kita..^^

And God will do the best for us..

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Tuhan punya rencana

Geadley Lian's picture

Fokuskan minda kita ke arah Tuhan dalam segenap kelakuan & pelayanan agar hidup kita diberkati dan pastinya Tuhan punya rencana buat kita.Gbu always....

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

Dating? Emang berapa sih umur lo??

Yoshua's picture

Hmm..sepintas judulnya berasa konservatif banget ya..

Aku setuju ama perspektifnya Nael, dasar dari hubungan adalah mempunyai kesamaan visi, meski bersandar pada Tuhan aja belom cukup menurutku. Banyak diantara kita yang belom tau visi hidupnya (masih sering berubah-ubah) tapi udah pingin buru2 pacaran..

Menurut kata seorang psikolog seorang memiliki jati diri yg fix ketika berumur 20 (cewe) dan 25 (cowo).. Memang sih parameter ini ga bisa dijadiin acuan baku, tapi kalo kalian masih smp, sma.. Itu terlalu dini buat pacaran. Kalian belom punya visi yg tetap dlm hidup kalian.. Apa yg kalian cari sekarang belom tentu sama dengan taon-taon depan..

Yg terpenting carilah Tuhan selama masa mudamu.. Jangan disia-siain masa muda kita untuk sesuatu yg sia-sia. Baru setelah kalian punya keinginan serius carilah calon pendamping hidup yg sepadan, satu visi, bisa diajak berjalan bersama (tujuannya sama, kecepatan langkahnya sama..
So, Berbahagialah buat sobat teens yg masih single :)

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

bersuka cita

novi lorensia's picture

hahahaha...

iya juga ya,..aku jadi ngerasa bersukacita, waktu aku nggak terikat dengan orang yang salah. kayak kata-kata Papi yang selalu mewanti-wanti aku sebagai anak gadisnya,"jangan sampai kamu nikah atau pacaran sama orang yang nggak sevisi sama kamu. yang nggak punya hubungan yang baik dengan Tuhan." 

(kok kayak kata2nya koko ya? heheheTongue out)

 

tapi bener sih, intinya kita nggak hanya cari pasangan yang seiman, tapi yang punya visi yang sama dengan kita, dan ounya hubungan yang deket sama Tuhan..

 

selamat mencari pasangan hidup yang tepat Guys..Cool

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Berapa ya umur lo?? xD

Nael's picture

Setujuuu... ngomong2 soal visi misi, coba deh jawab pertanyaan ini dulu..

Apa sih visi misi mu dalam hidup ini?

Apa sih visi misi mu untuk menjalin hubungan dengan lawan jenis??

Hm, kalo anak TK-SMA mungkin sulit juga menjawabnya..

Pakar psikolog memang hebat! :DD kalo dah bisa jawab ya berarti dah cukup dewasa..

begitu kan yosh?^^

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Visi & Misi

Geadley Lian's picture

Dia dibangunkan melalui pelayanan rumah asuh sehingga dewasa seperti sekarang.Dia tinggal bersama keluarga angkatnya & mereka menjaga dia seperti menjaga anak kandung sendiri.Papinya memiliki pelayanan rumah asuh yang sedang ingin membangun & coba untuk membawa banyak jiwa yang belum mengenal Tuhan untuk diselamatkan melalui pelayanan mereka.

Dia memiliki kerinduan untuk bisa menggantikan tempat papinya dalam pelayanan mereka pada waktu2 yg akan mendatang.Pelayanan rumah asuh memang membutuhkan banyak keperluan dari segi kewangan & persediaan dari segi mental & fizikal.Papinya jarang ada di rumah karna sibuk dengan pelayanan,tapi meski sibuk dia tetap punya waktu bercerita dengan anak2nya tentang pengalamannya sepanjang tiada di rumah.

Itu merupakan pelayanan yang dikatakan sebagai memiliki tanggungjawab yang besar bagi jiwa2 yang haus akan kasih Tuhan.Itulah yang coba dipertahankan oleh novi juga yang dia katakan sebagai visi & misi. 

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

PACAR

Geadley Lian's picture

Di dunia kita pasti perlukan seorang teman hidup yang seiman,karena tidak seorang pun yang akan membujang seumur hidupnya.Makanya,kalo mau pacaran,biarlah cukup persediaannya.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

Disclaimer | Situs ini dibuat oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) © 2008-2016 | Buku Tamu | E-mail: webmastersabda.org
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran