Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDA Space Teens

Loading

Gempa Di Mana-mana

in
nyoto's picture

Alo guys, ini tulisan pertama gue di situs ini. Gue pake nama Nyoto soalnya gue mau serius di sini. Nyoto atawa yang nyata-nyata aja, bukan nyang maya (sori kalo ada yang punya nama Maya). Oke deh, kenalannya mungkin cukup di sini aja.

Kita semua dah pada denger donk, kalo beberapa waktu belakangan ini yang namanya gempa terjadi di mana-mana. Kemaren gue klik situsnya BMG yang lemot kalo dibuka itu. Ada data kalo gak sampe sebulan ini aja udah ada 20 kali gempa dirasakan. Sedangkan yang sebenernya terjadi, tapi mungkin pada nggak ngrasain adalah sudah ada 60 kali gempa sejak 27 Agustus kemaren. Yang gede-gede kita tau. Yang masih banyak orang inget karena bikin banyak korban adalah gempa di Flores dan sekitarnya. Korbannya aja sampe 2000an orang. Kebanyakan karena tsunami. Itu tahun 1992. Trus sejak itu mungkin gak terlalu ada banyak. Tapi, mulai tahun 2000an, mulai deh.

Tahun 2000, ada gempa di Bengkulu yang korbannya ratusan. Trus, yang paling parah dan paling terkenal, di Aceh tahun 2004 yang korbannya ratusan ribu. Dah itu, gempa kayaknya udah jadi berita yang gak ngagetin, tapi kalo dirasain juga bisa bikin trauma deh. Gempa Jogja, Pangandaran, Padang, Tasik, dan terakhir Padang dan Bengkulu lagi. Catet, itu cuma di Indonesia. Di dunia ada banyak lagi. Gue bukan mau nakutin ato apa. Cuma karena kita mestinya juga tau kalo Indonesia tuh letaknya emang di wilayah rawan gempa. Jadinya, kita kudu waspada juga sama yang namanya gempa ini.

Ahli bilang gempa itu nggak bisa diprediksi tepatnya. Tsunami bisa, banjir bisa, gunung meletus bisa, tapi gempa enggak. Gue sendiri waktu ngerasain goyangan gempa beberapa kali aja, udah deh rasanya langsung ampun deh. Padahal itu cuma goyangan, gue nggak pernah ngerasain ada di daerah yang kena kerusakan akibat gempa. Rasanya gue langsung gak berdaya. Semua yang baru beberapa menit lalu gue banggain. Laptop gue yang baru gue sayang-sayang, hape yang baru kemaren beli, kendaraan yang gue pikir bisa bawa gue ke mana pun, ketika goyangan beberapa detik itu gue rasain, gue langsung mikir, kalo sampe ketimpa tembok, past ancur deh semua itu. Gak ada harganya lagi. Segampang itu! Puji Tuhan, itu hanya goyangan.

Tapi, biar kata gue nggak sampe ngrasain yang rusak-rusakan, gue tetep mau ngajak lo semua buat waspada dan selalu berdoa buat temen-temen dan semua orang yang terkena. Gue ngrasain waktu goyangan gempa terjadi, yang ada cuma bingung. Gue yakin bukan cuma gue yang ngrasain itu. Gue bayangin, gue yang anteng aja bisa bingung gitu, pasti juga banyak orang yang malah panik. Kayaknya itu juga yang bikin korban itu tambah banyak. Karena itu, gue coba browsing-browsing, nyari gimana cara paling baik ngadepin gempa. Moga-moga kita nggak akan pernah praktekin semua ini ya. Tapi, waspada harus donk..

Ini nih situsnya. Klik di sini

haii nyoto..

Yoshua's picture

Wah ada juga "nyoto" di dunia "maya".. Alo nyoto, salam kenal sebelumnya. Blog yang sangat faktual. Dirimu sepertinya cocok jadi reporter deh. Oya, tentang gempa bumi, Tuhan pun telah menubuatkan bahwa akan terjadi kegoncangan bagi langit dan bumi (Hag 2:7). Ini dirasakan oleh semua manusia, juga termasuk anak Tuhan sendiri. Namun momen ini sekaligus dipakai Tuhan untuk menguji iman kita di dalam Nya. So, dont be panic, kita kudu tetap tinggal di dalam Nya, semakin mendekatkan diri dan berpaut pada Nya Smile

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Disclaimer | Situs ini dibuat oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) © 2008-2016 | Buku Tamu | E-mail: webmastersabda.org
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran