Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDA Space Teens

Loading

Guilty feeling

Charista's picture


Rasa bersalah adalah suatu perasaan yang timbul pada saat ada jurang
pemisah yang besar antara apa dan siapakah kita seharusnya menurut
pemikiran kita.

Rasa bersalah ini dapat disebabkan oleh karena
kita melakukan kesalahan, misalnya tidak bisa menyenangkan orang lain
atau merasa tidak sempurna. Perasaan ini pun dapat muncul saat kita
melakukan hal yang berdosa atau merugikan diri sendiri dan orang lain.

Rasa
bersalah
itu memiliki efek positif dan negatifnya.  Efek positifnya
yaitu kita sadar dan mengakui kita bersalah sedangkan efek yg negatif
adalah permasalahan emosi yang tidak stabil dan bahkan dapat juga
menghambat pertumbuhan kerohanian seseorang.

Sebab pergumulan
kita dengan rasa bersalah kadangkala berasal dari iblis. Dikatakan
bahwa iblis menuduh pengikut Allah siang dan malam (Wahyu 12:10)
Oleh karena itu
sangat penting untuk mengetahui reaksi yg tepat saat mengalami rasa
bersalah yang negatif atau yang merusak.

Langkah- langkah yg
dapat diambil yaitu :
1.
Mengetahui apakah rasa bersalah yang dialami benar2 nyata atau dibuat
buat. Nyata berarti
rasa bersalah akibat dosa yg telah kita lakukan
bukan hal- hal yang hanya perasaan belaka.

Salah satu hal yg
penting kita ketahui sebagai orang Kristen yaitu kita seharusnya dapat
membedakan antara kesalahan dengan dosa.
Dosa ialah suatu pilihan
untuk melawan kehendak Allah, sedangkan kesalahan biasanya suatu
tindakan yg secara tidak sengaja kita lakukan.

2. Akuilah
jikalau itu benar2 tindakan yang berdosa, karena Allah menyediakan
pengampunan bagi setiap orang yang mengakui dosanya , sebab Allah tidak
menuntut kehidupan yang sempurna tapi lebih kepada hati yang hancur
yang datang kepadaNYA (Mazmur 34:19).

Tapi perlu kita ketahui
juga bahwa pengampunan itu tidak boleh membuat kita menjadi seenaknya
melakukan dosa lalu minta ampun. sebab Tuhan tidak membiarkan diriNYA
dipermainkan oleh kita (manusia). Adakalanya orang benar jatuh tetapi
ia tidak membiarkan dirinya diam dalam kejatuhannya, tetapi ia bangkit
dan meminta ampun pada Tuhan.

3. Lakukan pembaharuan dalam
pemikiran kita yaitu tentang penerimaan diri sendiri. Kita perlu
menerima kemanusiaan kita yang memang tidak sempurna.
Roma 3:23
berkata karena semua orang telah kehilangan kemuliaan Allah (ini
berarti tidak ada satupun manusia yang sempurna dihadapan Allah, hanya
Tuhan sajalah yang sempurna dan tak terbatas), tetapi sebagai anak2
Tuhan kita juga harus memiliki hati untuk mau terus disempurnakan Tuhan
dari hari keharinya. Berusaha untuk hidup benar walaupun dalam
keterbatasan kita.

4. Percaya seutuhnya akan janji Allah bahwa
manusia baru kita akan
terus diperbaharui (Kolose 3:10)
dan
diubahkan oleh pengenalan kita akan Kristus melalui proses dari waktu
ke waktu sehingga kita menjadi serupa dengan gambaran pencipta kita.
Kita
bukan
hanya percaya , tapi juga benar- benar mempercayakan diri kita
sepenuhnya pada janji- janji Allah yang kekal dan pasti tergenapi. Amin.

So,
jika kita merasa bersalah ingatlah MAPP--->
Mengetahui, Akuilah,
P
erbaharui pikiran, dan Percaya seutuhnya.

HAPPY DAY
God
bless our life today, tomorrow, and forever....
^^,

salam kenal.. :)

novi lorensia's picture

hay cahrista,..
salam kenal ya,..
:)

waktu aku baca tulisan2mu,.. kamu lebih banyak mengajar ya dibandingkan menceritakan kisah kamu..
hehehe...:)

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

kenalannnn

Charista's picture

hay juga novi^^,

salam kenal juga,,,,,

 

hohhh,, begituh yaaa. kalo km lebih sering membagi crta kamu yaa.

hohohoh

yang penting sama2 bertumbuh dalam Tuhan kan..,hehehe

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Gayantya

Geadley Lian's picture

Cukup mbangun & gayanya seperti seseorang yg sangat berpengalaman.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

@Geadley

Charista's picture

hahahaha, thx so much geadley^^,

berpengalaman??ya mungkin bisa dibilang begitu yaa.hahahaha

 

o ia, maap sebelumnya  kamu itu perempuan atau laki2 ya??

(abis kalo dari geadley(aku pikir seperti laki2) tapi kali dari lian (aku pikir itu nama perempuan) )

makanya aku agak bingung.hehehehe

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Mana2 aja

Geadley Lian's picture

Mana2 aja yg mnurutmu senang dipanggil doang.hahahaha.......
Kamu punya pelayanan ngak?Kalo punya,ya critain dong ma kita.Kongsi pengalaman toh maksudnya.

Oh ya....gue pria,ngak begitu gantang karna punya banyak jerawat,single,simple & ngak punya banyak peminat.ha...ha...ha.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

@Geadley

Charista's picture

ohhh.....

pelayanan??? kalo digereja aku gak terlalu aktif (ya bisa dibilang tidak punya pelayanan apa2) *menyedihkan*

tapi kalau pelayanan selain digereja mungkin ada...hehehe

tapi aku punya prinsip kalau pelayanan itu ga mesti digereja sih, jadi setiap apa yang aku lakuin buat orang lain seringkali aku anggap sebuah pelayanan ke Tuhan. ya memang ga secara langsung melayani Tuhan, tapi kalau aku cuma punya kesempatan melayani orang lain tapi bukan digereja kenapa ga aku anggap sebagai pelayanan ke Tuhan ajahh...hehehe

jadiii bingung neh harus cerita yang mana,,,hehehe

kalo geadley pelayanan apah? di gereja mana?

hm geadley ,kongsi itu apa ya? aku pernah dengernya kongsi dagang.hahaha

 

*oh iah, tapi temen aku pernah bilang kalau kegereja memberi persembahan saja itu merupakan bentuk pelayanan kita ke Tuhan. Ada komen?

 

wawhhh langsung ditulis secara detail.hohohoh

 

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Charista

Geadley Lian's picture

Gue punya playanan dalam musik di gereja kami,tapi banyak cabarannya & kalo betul2 fokus ke Tuhan poasti jadi lebih bermakna.
Kongsi maksudnya ya saling menyuarakan pendapat kira2/juga bisa dikatakan guna bersama.
Tentang persembahan ya bisa dipanggil persepuluhan ikut kmampuan & hati yg rela.Bukanlah suatu pelayanan tapi bantuan dalam pekerjaan Tuhan.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

ouhh

Charista's picture

wah, geadley main musik apa neh??

 

ohh begitu ya menurut pendapat mu^^,

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Disclaimer | Situs ini dibuat oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) © 2008-2016 | Buku Tamu | E-mail: webmastersabda.org
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran