Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDA Space Teens

Loading

Hari Ini Dihujat, Hari Lain Disanjung

Smarty's picture

Kematian Bekas Presiden Soeharto membuat pertanyaan di otakku yang kecil ini. Dulu aku sering dengar kalo Pak Harto itu koruptor terbesar di negeri ini, sadis karena kalau tidak setuju ama dia bisa dikidnap dan di ambil preman, dia itu penjahat kelas paus yang pantas diadili dan dia juga dituntut untuk mengembalikan harta yang dicurinya dari negara, dan macem-macem tuduhan serupa. Tapi setelah mati, aku dengar dia diusulkan jadi pahlawan. Aku bingung, man..... kenapa bisa berubah 180 derajat?? Ibuku tadi siang bilang bahwa Pak Harto adalah presiden terbaik dibanding yang lain-lain, sesudah dan sebelumnya.... Mati aku!... Nanti kalau ada tes sejarah Indonesia, jawabannya apa dong?

Aku jadi mikir, memang "nobody's perfect", tapi kalau dibilang pahlawan (apalagi pahlawan nasional) harusnya orangnya baik dong, kalau udah jelas-jelas koruptor kok bisa jadi pahlawan? Apa sih kriterianya pahlawan?

 

hari gini masih nanya? :-)

si imut's picture

masalahnya belum jelas secara hukum dia koruptor beneran atau bukan, karena pengadilan nya nggak pernah selesai sampai sekarang. lagian, ini kan indonesia, negeri dimana persepsi dianggap sebagai kebenaran ;)

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

pahlawan adalah...

amelia's picture

Klo jaman sd dulu kriteria pahlawan adalah mereka yang tewas dalam medan pertempuran mengusir penjajah dari tanah air. Alias mereka yang berjasa untuk nusa dan bangsa.

Buat ak sendiri istilah pahlawan sangat tergantung dari sudut mana ak memandangnya.

Jaman sekarang kata berjasa untuk nusa dan bangsa mungkin memiliki pengertian berbeda, yang jelas bukan lagi orang yang meninggal dalam medan pertempuran untuk menyelamatkan negara. Siapa pun bisa menjadi pahlawan.

Guru adalah pahlawan karena mereka mencerdaskan bangsa, polisi juga pahlawan karena mereka pengayom masyarakat.

Bagi orang yang kecopetan, sekelompok orang asing pun bisa menjadi pahlawan ketika mereka mengembalikan dompetnya dan menggiring sang pencopet ke kantor polisi dalam keadaan babak belur hbs digebukin.

Seorang anak akan menganngap kakaknya yang dipenjara karena mencopet sebagai pahlawan karena dia selalu membelikan dua bungkus nasi untuk dia dan ibunya yang sedang sakit.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

^^

Nael's picture

Pahlawan adalah seseorang yang berjasa demi kepentingan orang lain yang tidak bisa dilakukan oleh orang lain selain orang itu.
Yesus adalah pahlawan Juruselamat umatNya yang berdosa. :))

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Disclaimer | Situs ini dibuat oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) © 2008-2016 | Buku Tamu | E-mail: webmastersabda.org
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran