Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDA Space Teens

Loading

jangan cuma berkotbah

novi lorensia's picture

alkitab dan kotbah..

keduanya menjadi hal yang terus berkaitan ketika seorang hamba Tuhan naik ke atas mimbar dan memberikan firman bagi para jemaat gereja yang datang. semua yang diperkatakan hamba Tuhan itu terasa begitu indah, kata-katanya menenangkan jiwa, mengandung janji-janji yang luar biasa, semua yang dikatakannya menjadi sebuah hal yang bahkan terkadang membuat kita mengantuk...

alkitab sepertinya telah menjadi sebuah komponen penting dari sebuah kotbah bagi seorang hamba Tuhan,..

mereka, yang menyebut dirinya hamba tuhan,  telah mampu mengahbiskan ALkitab, serta memahaminya bahkan menghafalkannya...

kemanapun dia pergi, dimanapun dia berada, pasti yang dia berikan adalah firman yang sudah dia hafalkan,.. bahkan dia juga mengajari mereka, para jiwa2 baru yang baru saja mnegenal tuhan dan firmanNya.. mereka seakan-akan menjadi seorang yang hebat dan luar biasa... 

 

namun,.. apakah benar mereka hidup dengan firman itu ? apakah benar, pemahaman mereka akan firman, berada dalam pimpinan Roh Kudus???? ataukah hanya dalam konteks agamawi ???

 

ada seorang rekan, yang mengistilahkan "ngawang 5 cm" maksudnya adalah orang yang seakan-akan nggak  menginjak bumi, padahal kita masih hidup di dunia. kita sekarang masih ada di dunia.  benar juga sih,.. ada orang2 yang istilahnya dia terlalu nge roh (dalam konteks lain), namun kehidupan mereka sama sekali nggak ada Roh kudusnya.. 

 

kita memang harus menjadi manusia roh, bukan manusia dunia, namun kita harus bisa menjadi seorang manusia yang hidup dipimpin Roh Kudus, dan membuat orang melihat kehidupan kita yang dipimpin oleh Roh Kudus.. bukan hidup kita yang tetep dipenuhi dengan hal2 dunia, tapi kata2 kita roh. karena, kita udah nggak lagi hidup dalam dunia agamawi yang penuh dengan kata2 indah alkitab, namun sangat minus dalam kehidupan.

karena, saat kita hidup dipimpin dengan Roh Kudus, maka sebenarnya kita nggak lagi hidup dalam kotak agamawi kita. bukan lagi dengan kata2 indah Alkitab kita berbicara dengan orang lain, dengan jiwa2 yang kita temui, namun dengan pimpinan Roh Kudus..

dan semua yang kita katakan, itulah yang kita hidupi,..

 

jangan lagi mau hidup dalam sebuah kotak agamawi,.. karena kita nggak akan pernah bisa mengenal Tuhan dengan kata2 indah, dengan kotbah, dengan alkitab yang hanya dibawa kemana-mana, dengan sederet pasal yang kita hafalkan,.. semuanya nggak menjamin kita untuk bisa hidup dalam hadirat Tuhan, dan bertumbuh. semuanya itu hanya akan membuat orang lain berkata,."kamu hebat ya bisa hafal aklitab, kata2 kamu membangun" namun kehidupan kita sama sekali bukan seperti apa yang kita katakan...

 

teman, Roh Kudus bukan sederet pasal yang kita hafalkan.. Roh Kudus bukan Alkitab yang kita bawa kemana-mana.. Roh Kudus bukan kata2 indah yang keluar dari mulut kita,.. Roh Kudus bukan topeng yang kita pakai di depan jiwa2 yang lain untuk menangkap mereka, namun gagal,..

Roh Kudus itu hidup kita,.. Roh Kudus itu pendamping kita dalam segala sesuatu, .. Roh Kudus itu adalah Roh yang melakukan segala sesuatu dalam hidup kita, dalam diri kita,.. Dia adalahRoh yang terus memimpin, mengarahkan, dan mengajar kita akan segala hal kehdupan kita...

 

ayo, kita hidup dengan Roh Kudus yang ada dalam diri kita, dengan semua pengalaman2 indah bersama Dia,.. dan bergerak dengan pimpinan Roh Kudus,.. 

jangan hanya menjadi seorang anak Kristen yang dikenal beragama Kristen, yang mampu menghafalkan ALkitab, mampu berbicara dengan orang lain tentang keselamatan.. tapi semuanya itu tanpa Roh Kudus...

maka semuanya akan sia-sia...

 

mungkin blog ini nggak akan pernah cukup untuk memberikan pengertian tentang Roh Kudus,.. namun aku percaya, Roh Kudus akan mengajar kita secara pribadi,.. :)

Seorang Hamba Tuhan

Geadley Lian's picture

Seorang hamba Tuhan bisa aja berkhotbah dengan semangatnya hingga bisa mbuat para jemaat ngak akan terlelap dengan khotbahnya.
Hamba Tuhan juga manusia biasa & terkadang bisa aja hampir terjatuh dalam dosa(tapi bukan semua).
Seorang hamba Tuhan yg benar2 dipakai akan mrasakan bahwa Roh Kudus sedang mnyertai dia.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

@novi..

Yoshua's picture

hehehe.. Bener banget, soalnya koko pengalaman dengan kehidupan rohani di luar Roh Kudus. Berkali-kali tamat baca alkitab tapi merasa kering,, Pelayanan tapi hanya sebagai atribut (topeng)..

Koko pribadi masih terus diproses untuk menjalani kehidupan yang dipimpin Roh Kudus, dan semua berasa beda ketika membaca Firman bekerja sama dengan Roh Kudus.. Kita dibawa dalam pengenalan akan Tuhan yang benar..

Met merenungkan Firman dan melayani dengan pimpinan Roh Kudus :)

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Rakan sekerja Allah

Geadley Lian's picture

Kita semua adalah rakan sekerja Allah,meskipun ngak punya upah di dunia,tapi upahnya ada di sorga.Mari kita semua bersyukur karna Tuhan percayakan kita utk melakukan tugas pelayanan.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

Disclaimer | Situs ini dibuat oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) © 2008-2016 | Buku Tamu | E-mail: webmastersabda.org
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran