Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDA Space Teens

Loading

Mengenal Matematika

Jordan's picture

Matematika...

Salah satu pelajaran yang sudah dikenalkan kepada kita sejak kecil di TK dulu dan telah ada sebelum kamu Lahir. pelajaran yang satu ini juga merupakan momok bagi banyak murid dan menganggap Pelajaran ini bersifat Horror karena dikenal dengan tingkat kesulitan yang relatif tinggi serta terdapat banyak rumus didalamnya. Walaupun demikian Pelajaran ini selalu digunakan dalam menetukan kelulusan siswa SD, SMP & SMA. Nah, Apa sih matematika itu sebernarnya? Menurut Wikipedia Matematika adalah studi besaran, struktur, ruang, dan perubahan. Matematika sendiri memiliki 5 cabang, diantaranya : Aritmatika, Geometri, Alajabar, Trigonometri dan kalkulus.

Menurut Ilmuan di Dunia, Matematika pertama kali ditemukan oleh Filsuf asal Yunani bernama Thales (624-546 SM). Dialah yang pertama kali merumuskan teorema atau proposisi Matematika. Diatara semua penemuannya yang paling tekenal adalah Theorema Thales yang berisi tentang garis dan sudut didalam lingkaran. Ternyata sebelum menjadi filsuf, dia adalah seorang saudagar yang sering berlayar ke Mesir untuk mempelajari ilmu ukur. Filsuf yang lahir di kota Miletus ini sejak kecil sudah terbiasa berdiskusi dengan orang dewasa dan berfikir tentang segala sesuatu yang belum dia pahami sebelumnya. Hal itulah yang membuat Thales menjadi orang yang berhasil memecahkan konsep-konsep Geometri yang dikemudian diteruskan oleh ilmuan-ilmuan berikutnya.

Nah, sekarang pertanyaannya, apakah konsep matematika ada dan digunakan dalam Alkitab?. Jawabannya jelas ada, salah satunya digunakan oleh Nabi Nuh dalam membuat bahteranya, Dikatakan dalam Kejadian 6:15 yang berbunyi "Beginilah engkau harus membuat bahtera itu: tiga ratus hasta panjangnya, lima puluh hasta lebarnya dan tiga puluh hasta tingginya." jelas tertulis bahtera itu memiliki ukuran panjang 300 hasta, lebar 50 hasta, dan tinggi 30 hasta. Jika dihitung bahtera itu memiliki volume 450.000 hasta. Dengan volume sebesar itu, bahtera Nuh dapat memuat banyak binatang didalamnya, sungguh luar biasa bukan?. Selain Nuh, Banyak Tokoh Alkitab lainnya yang menggunakan konsep matematika. Jika kita terus mencermati dan memahami Alkitab maka kita akan terus menemukan hal menakjubkan yang bahkan kita tidak ketahui sebelumnya. GBU

Disclaimer | Situs ini dibuat oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) © 2008-2016 | Buku Tamu | E-mail: webmastersabda.org
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran