Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDA Space Teens

Loading

mengikuti cahaya Mu

Yoshua's picture

Malam di Jogja yang terlalu indah untuk dilewatkan. Keriuhan bahasa manusia diantara pasar tiban dan wahana ala pasar malam menghiasi tiap sudut alun-alun utara. Itulah sekaten.. Sekaten merupakan hiburan yang rakyat banget, kalo kalian pingin nyicip secangkir kopi tubruk ditemani sayup-sayup suara gendhing jawa, jangan ragu mampir kesini. Ato pingin belanja keperluan rumah tangga sambil senggol-senggolan?? Buruan gih..(hehehe..soalnya stand2 disini kadang nyetel lagu dangdut lumayan bikin budeg)

Aku inget pas kuliah kerja nyata (kkn) di desa Turi (utaranya jogja), ditengah kesibukan sebagai abdi masyarakat (halah..), eh sempet-sempetnya berlibur ke Jogja untuk menikmati suasana sekaten. Bilangnya sih bagian dari program kerja, yaitu survey pengemas bahan, padahal dasarnya cuman mau maen2.. dasar mahasiswa iseng..(jangan ditiru yak Smile)

Singkat cerita, kamipun memacu kendaraan, menerobos jalanan gelap di pekatnya malam. Meski buta arah, namun ga bakalan nyasar. Lho kog??..soalnya di area sekaten dipasang lampu sorot yang gede. So buat warga sekitaran Jogja yang pingin gabung dalam euphoria sekaten, tinggal ngikut aja berkas sinar dari lampu sorot tersebut..

Sobat teens, kita tinggalkan sekaten, sekarang saatnya Firman Tuhan (hehehe..) Ibaratnya Tuhan pun punya “lampu sorot” dalam menuntun langkah kita menjalani ketidakpastian dunia. Soalnya kita (anak Nya) amat terbatas dalam menyelami rencana Nya dalam hidup kita pribadi lepas pribadi. Padahal Tuhan pingiin banget berkomunikasi dan bergaul dgn kita (Yak 1:5)


Kalo kita baca kisah perjalanan bangsa Israel di padang gurun, Tuhan pun memakai “lampu sorot Nya” yaitu tiang awan dan tiang api. Bangsa Israel belajar memperhatikan sungguh2 pergerakan kedua tiang itu. Ketika tiang itu diam, mereka berhenti berjalan dan mendirikan perkemahan disekitar tiang. Ketika si tiang beranjak, mereka pun membunyikan nafiri sebagai tanda keberangkatan. Memutari padang gurun, melintasi teritori2 yang asing dengan bermodalkan iman.


Dalam hidupku yang penuh ketidakpastian, aku percaya Tuhan bekerja melalui “lampu sorot Nya,” Ia menyinari langkah demi langkah yang musti aku jalani. Ibarat naik ke lantai atas, Tuhan menyuluh anak tangga demi anak tangga. Mungkin aku ga tahu apa yang bakal terjadi di lantai atas sono, tapi aku percaya, Dia yang empunya hidupku pasti punya rancangan yang sempurna diatas semuanya itu.

Firman Mu itu pelita bagi kaki ku, terang bagi jalanku. (Maz 119:105)
Yup, Allah mungkin tidak memberikan kepada kita rencana keseluruhan hidup kita. Namun Ia memimpin kita secara bertahap..


Yuk belajar peka melihat iluminasi Nya.. Emang bukan perkara yang instan, namun awalnya selalu dibangun diatas relasi yg intim dengan Nya. Manifestasi iluminasi Nya bisa macem2, entah itu melalui kesempatan/peluang didepan kita, melalui Alkitab, suara hati kita, dll. Pastinya selalu ada damai sejahtera ketika kita m

 

engikuti berkas cahaya Nya (Yer 29:11). Dan membangun kita (Yes 48:17)..

 


Nah balik lagi ke sekaten. Kami pun menghabiskan waktu berfoto ria dan tepe-tepe (narsisnya bo).. Jangan lupa beli mainan buat anaknya pak dukuh Turi (ceritanya ini maen suap, biar ga dimarahin pulangnya kemaleman, hehe..) Pokoknya heboh abis.. Setelah puas kamipun bergegas pulang, tapi..kayaknya tadi lewat jalan yang mana ya??? Aduh andai di desa Turi juga ada lampu sorot.. ><

 

hehehehehe

novi lorensia's picture

dasar koko.. ^^
ujung2nya malah kesasar..
wa, pantes nih kalau koko jadi guide tour ntar kalo aku ke jogja,..
hahahahhaa.. :D

yup!! bener banget,.. baru sadar, kalau sebenernya Tuhan selalu kasih lampu sorot kemana kita harus jalan,..
Tuhan baik banget ya,.. sampe setiap orang, dikasih lampu sorot masing2, sesuai dengan arah yang udah Tuhan rencanain buat masing2.. padahal kan jumlah ciptaanNya amat sangat banyak...

Tuhan kita emang dahsyat !!! :)

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

novi (5)..

Yoshua's picture

Yup..kalo diseluruh dunia ada 6 miliar orang, maka ada 6 miliar lampu sorot Nya yg mengarahkan tiap langkah kita.. butuh berapa watt ya?? hehehe..

makasih udah baca dan mengomentari, tetep berjalan sesuai lampu sorot Nya ya..

Gbu always Smile 

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Rencana Tuhan

Geadley Lian's picture

Jogja sama aja gaya Kuching,kalo keluar malam.Yang pasti itu kalo cuacanya bagus toh.
Rencana Tuhan adalah rencananya,
Bukan seperti rencana manusia,
Rancangan Tuhan adalah rancangannya,
Bukan seperti rancangan manusia.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

kadang, yang Tuhan pandang baik, bukan yang kita inginkan..

novi lorensia's picture

terkadang, apa yang menurut Tuhan itu adalah yang terbaik, justru itu bukanlah yang ada dalam pikiran dan harapan kita.

justru semua rencana manusia yang kita buat., bukan seperti apa yang dikehendaki Tuhan, jadinya malah kita kecewa dan bertanya kepada Tuhan dengan pertanyaan sejarah"Tuhan, kenapa semuanya jadi kayak gini?" padahal jawabannya simpel. karena semua rencana yang kita buat bukan rencana Tuhan. jadi nggak akan pernah menjadi kenyataan.

jadi, kita harus berusaha berpikir seperti Tuhan, malakukan segala sesuatu dengan pikiran Allah dan hikamt Roh Kudus.

:)

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Sejauh mana

Geadley Lian's picture

Ada benarnya juga apa yang kamu bilang tapi manusia terkadang lupa apa yang sbenarnya Tuhan kerjakan dalam hidup mereka.Terkadang Tuhan ijinkan manusia hidup susah karna Tuhan ingin menguji sejauh mkana iman manusia.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

geadley (2)..

Yoshua's picture

Dalam ujian pun Tuhan tetep menyatakan lampu sorotnya. Bangsa Israel berputar2 40 tahun di padang gurun karena ketidaktaatan iman mereka, sehingga dengan menjalani teritori asing yg belum dikenalinya, bangsa Israel belajar percaya bahwa Tuhan Allah yg berotoritas atas hidup mereka. Dan selama di padang gurun toh mereka ga lepas dari tiang awan dan tiang api Nya..

Jadi meski kita diuji ato dicobai Tuhan tetap memimpin tiap langkah kita. Pasti :)

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

yosh,

thatikthux's picture

kapan-kapan maen ke Solo ya, Solo juga ada sekaten lho... (tapi aku ngga tau tiap bulan apa, hahaha...)

suasananya (baca dari ceritamu) ngga jauh beda sama sekaten di Solo ^_^

Lampo sorot ya?....hm.... Roh Kudus yang sudah kita terima saat kita menerima Dia dalam hidup kita juga berperan menjadi "lampu sorot" yang terang ^_^

Sampai saat ini, aku belajar untuk tunduk kepada pimpinan lampu sorot itu (baca: Roh Kudus) supaya aku tau kemana aku harus melangkah.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

thatixthux

Yoshua's picture

Yup..setuju. Tuhan Yesus ga ninggalin kita sendiri di dunia, selain dia beri penolong yg sepadan (sepadan dalam Roh, bukan hanya fisik loh) yaitu Roh Kudus. Roh Kudus pasti akan mendidik, mengajar, mengarahkan kita menuju kebenaran Nya..

Makasih udah membac dan memberi comment..

Gbu :)

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Ibarat....

Geadley Lian's picture

Ibarat berjalan dalam gelap dengan lampu suluh di tangan,begitu juga kita yg perlukan pimpinan Tuhan dalam hidup ini.Moga diberkati....

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

Disclaimer | Situs ini dibuat oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) © 2008-2016 | Buku Tamu | E-mail: webmastersabda.org
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran