Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDA Space Teens

Loading

Menyontek? Waspadalah ....

karitos's picture

Siapa sih anak sekolah yang gak pengen nilainya bagus? Menurut aku sih, semua pasti tunjuk jari. Tapi untuk ngeraihnya ga semudah sewaktu kita tunjuk jari, kan?! Apalagi mata pelajaran yang seabrek plus hal-hal bejibun yang perlu diingat dan pelajari, ditambah kegiatan-kegiatan di luar sekolah yang juga banyak. Perlu kerja keras, disiplin waktu, rela ngorbanin hal-hal yang mungkin disukai, kaya jjs ke mall, nonton, ber ha ha hi hi bareng sohib ....

Wah gimana, dong? Dulu sih aku punya trik untuk dapet nilai bagus tapi ga perlu kerja keras. Ada yang tau? Yap, nyontek! Sebelum ujian, ga perlu tuh namanya belajar. Tinggal nyiapain catatan-catatan kecil berisi hal-hal penting yang diajarkan. Atau ngandalin temen untuk minta jawaban pas ujian nanti. Itu juga jadi satu trik yang aku pakai.

Sampai akhirnya aku sadar bahwa yang aku lakukan itu adalah mencuri. Klise memang kedengarannya, tapi memang bener kan. Kita dapat hasil yang bagus dengan cara yang tidak benar. Padahal tujuan yang baik harus disertai dengan cara yang benar pula. Gak ada tuh namanya melakukan hal buruk demi kebaikan. Omong kosong, deh!

En, kalau kita ngakunya orang Kriten, tapi tetep saja menyontek, yah sama juga boong dong. Coba deh dirasain dan didengerin suara Roh Kudus yang terus-menerus ngingetin kita sebagai anak-anak-Nya. Jujur deh, pasti kalau pas nyontek ada perang batin, kan? Soalnya kalo dibiarin saja, lama-kelamaan jadi terbiasa tuh. Nurani jadi mati dan menganggap nyontek hal biasa, yang sah-sah saja dilakuin. Toh, banyak orang juga yang melakukannya.

Kalo pengen hasil bagus ya harus mau kerja keras. Sebagai pelajar kita harus punya tujuan. Malu dong kalo dapet nilai bagus tapi bukan usaha sendiri. Aku harap tulisanku ini jadi peringatan buat kita semua. Dalam hal apa pun, biasakan untuk melakukannya dengan jujur dan terlebih lagi dengan benar. Karena itu yang diinginkan oleh Bapa kita di surga.

Well, gimana prens? Siap untuk menjadi pelajar yang nyentrik, kan? Yang tidak terseret arus zaman?! Tuhan memberkati.

pengennya sih...

amelia's picture

jujur siapa sih yang ga pengen gitu lho.. pengen sih klo ulangan mata ini ga jelalatan, tangan ini ga colek2 dll...   ^:^

 

jadi pengen nulis blog juga tentang hal ini

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

sulit tapi dicoba

karitos's picture

memang sulit sih, apalagi klo ngandelin diri sendiri. soalnya kan daging ini lemah hehehe .... Tapi ada baiknya dicoba kan Mel :)
klo dari sekolah dah nerapin kejujuran tar jadi pejabat tinggi sudah terbiasa jujur hehe ....

ditunggu blognya ya ... GBU

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

ada kok orang yang nggak nyontek

Dedy Yanuar's picture

aku punya teman yang tidak mau mencontek.

aku juga punya teman yang maunya nyontek doank.

aku pun punya teman yang mau mencontek, dan dicontek.

trus, apakah kita dosa kalau membagikan contekan kepada teman?

aku juga pernah sekolah, sering diancam kalau tidak memberi contekan akan di@#$%!

trus, cara paling jahat untuk membuat teman kita mejadi bodoh adalah memberi contekan, dan orang bodoh yang mau mencontek.

hahahaha....

lam kenal....

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Nyontek

Quadra's picture

Aku sich jarang banget nyontek, soalnya mo nyontek ke mana lagi, di kelas nilainya do-re-mi semua. Cuma gw yang engga:D Dengan pertolongan Tuhan. Eh, kalo kita ngasih jawaban ke orang lain juga dosa, lho. Soalnya kita jadi nyesatin temen kita.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

nyontek

icha's picture

tp cukup susah d jaman skrg...
walaupun niatnnya g nyontek,,,tmen2 skitar nyontek,nannya k qta,,qt jd ikutan... ad jg yg qt udh bnr2 g mw nyontek tp tmen2 yg nyontek suaranya keras ngsh tw jwbnny,,smpe qt dgr,trus qt jd ngecek jwbn qt sm atw g...
kadang2 kesel lyat nilai tmen yg nyontek lbh bgus dr nile qta...

susaah bgt...

tp akan trus brusaha utk tdk nyontek...

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

to icha

Quadra's picture

Emang sih suka ada yang suaranya keras banget, tapi kalo gitu sih bukan salah kita, jadi nggak dosa,kecuali emang disengaja

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

@icha

karitos's picture

Emang sebel juga seh apalagi kalau temen yang nyontek nilenya lebih oke, tapi itu bukan keringetnya sendiri kkan?!!... alias nilenya ga murni nilenya dia. Sip kmu terus berusaha buwat ga nyontek. Hidup Icha hehe...

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

nyontek ........ itu uda

rachel's picture

nyontek ........ itu uda hukum tetap kelas ku


pandangan tmn" ku:


klo kita gak nyontek brarti kitalah yg dicontek
karena kalo gak nyontek itu artinya uda pede ama jawaban sendiri dan dianggep bisa pinter
nah aku? aku gimana ya?? haha

• the kingdom, the power, and the glory, are Yours 4ever •

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

• the kingdom, the power, and the glory, are Yours 4ever •

Pe De aja

dhimas's picture

nggak usah nyontek, Percaya Diri aja pada diri kita bahwa jawaban yang kita tahu adalah jerih payah dari kita sendiri. Nyontek no way...

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

taktik temenku

amelia's picture

halo rachel,

baca komentarmu ak jd inget temanku. Klo dia mau dicontekin dia selalu bilang gini:

"Kmu mau nyontek ak? tp ak ga tahu jawabanku bener ato engga"

hahahha, yang mau nyontek keder jg tuh.

Kadang kita ga pengen nyontek tp temen kanan kiri depan belakang pada bisik2. Walau pelan tapi bisikan mereka suka kedengaran sama telingaku. Duh......

Palagi klo pas ga bs jawab, terpaksa nulis bisikan2 itu tadi. Aduh Tuhan maafkan ak......

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

wah, sama taktik nya

rachel's picture

hlo jg amelia,

  iya, aku jg sring bgt ngomong gt k tmn ku yg mw nyontek jawabanku.

  ada bbrapa yg digituin mempan. tpi bwt bbrapa ank yg lgi buru", sring bgt malah blg, "ah, gpp lah,hel! dari pada gak ada jawabannya. lumayan kan ada ongkos nulisnya"

   tp biasanya aku bilang "gak tau" karena aku mmg gak tau jawabannya

   atau setiap seblm ulangan mulai, aku dah blg sm tmn"ku jgn tanya" jawaban ke aku, soalnya aku blm blajar

   hehehe...

 

• the kingdom, the power, and the glory, are Yours 4ever •

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

• the kingdom, the power, and the glory, are Yours 4ever •

Disclaimer | Situs ini dibuat oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) © 2008-2016 | Buku Tamu | E-mail: webmastersabda.org
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran