Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDA Space Teens

Loading

THINK

Nael's picture

THINK disini merupakan sebuah akronim sekaligus singkatan. Mungkin kita
bingung tentang suatu tindakan dan pikiran. Bahkan, mungkin kita tidak
ambil pusing untuk memikirkan tindakan dan pikiran yang telah kita
lakukan. Dan THINK ini untuk mencek apakah yang kita lakukan itu benar
atau tidak. Baik apa tidak. Boleh atau tidak.

Sebelumnya mari kita kembali ke dasar yang benar untuk merenungkan hal ini. Dalam Alkitab tertulis bahwa :

"Segala
sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna.
"Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu
membangun.
-1Korintus 10:23-

Hm, ayat yang cukup aneh. Ini dikarenakan suatu paradoks. Paradoks
adalah suatu majas yang berarti mempersatukan atau menyetujui dua hal
yang saling berkontradiksi (berlawanan). Bayangkan saja Alkitab yang
ditulis jauh sebelum tahun masehi sudah mengandung pengetahuan ini. Ini
menandakan apa? Kita harus mengerti Alkitab tidak secara sederhana
melainkan dengan pengetahuan yang kita dapatkan di dunia serta hikmat
yang diberikan oleh Tuhan. Tetapi jika Alkitab dimengerti oleh
masyarakat yang berpendidikan rendah misalnya, itu lain masalah. Karena
Anugerah terbesar adalah boleh mempercayai Yesus Kristus sebagai
Juruselamat orang yang berdosa, tentu semua orang dari segala kalangan
dapat meyakini hal ini.


"Segala sesuatu diperbolehkan",
berarti bahwa Tuhan memberikan kebebasan penuh kepada manusia untuk
melakukan segala hal di dunia ini. Kita bisa saja-kan tidur seharian,
makan 5 kali sehari atau berbuat dosa semaunya dan hal lainnya. Itu
bisa kita kendalikan.
Tetapi selanjutnya,

"Benar, tapi bukan
segala sesuatu berguna". Yang berarti bahwa, jika kita melakukan hal
yang seperti disebutkan di atas. Maka itu tidak akan ada faedahnya atau
tidak menjadikan kita sesuatu yang berarti, kita hanya merusak diri.

Jadi,
jika ayat ini disatukan (karena memang satu ayat) mengandung arti
apapun yang kita lakukan seharusnya hal yang berguna dan membangun,
selain hal itu, tidak diperbolehkan. Tapi tentunya membangun dan
berguna dari sisi rohani dan jasmani. Untuk Tuhan, diri kita sendiri,
dan orang lain.

Untuk mencermati apakah yang kita lakukan atau
pikirkan diperbolehkan atau tidak. marilah kita mencoba menjawab THINK
ini terlebih dahulu.

Is it True, inikah hal yang benar?
Is it Helpful, inikah hal yang membantu?
Is it Inspiring, inikah hal yang membangun?
Is it Necessary, inikah hal yang berguna?
Is it Kind, inikah hal yang baik?

Jika jawabannya Yes semua, mengapa tidak kita lakukan?
Ya,
mungkin kita sulit melakukannya karena kita sebagai manusia lemah dan
terbatas, tetapi buat apa ada Tuhan yang selalu memberikan kekuatan
kepada kita?
Untuk dapat melakukan hal yang berguna dan membangun.

God Bless~

keinget suatu hal..

rachel's picture

jadi inget waktu jaman gw SMP
kepala sekolah gw gak bosan2nya ngomong,
"think first before speaking and doing"

• the kingdom, the power, and the glory, are Yours 4ever •

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

• the kingdom, the power, and the glory, are Yours 4ever •

oyahh..

Nael's picture

hahaha, sippp... berpikir dulu sebelum berbicara dan melakukan sesuatu. tapi kalo berpikir dulu teh suka kelamaan, keburu kesempatannya lewat.. jadi gimana dong??hehehe..

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

@nael : think first

Yoshua's picture

Kalo dalam olahraga badminton. Seringkali sang pelatih menginstruksikan, kalo misalnya ragu-ragu kock dalam posisi out atau tidak. Ambil aja.. Itu lebih menguntungkan daripada kelamaan mikir..

Hidup emang ga sepenuhnya seperti olahraga badminton. Tp kita bisa belajar untuk manfaatkan peluang yang mungkin ga datang dua kali..

Yg terutama sih tetep libatkan Tuhan dalam doa kita..

"Tuhan, apapun yg terjadi hari ini, tiap kesempatan yang aku lewatkan ataupun yang aku ambil. Ajarlah aku untuk berjalan dalam rencana MU.."

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

badminton

rachel's picture

wah, serpertinya yoshua berpengalaman dalam permainan badminton nih? hehe.. 

• the kingdom, the power, and the glory, are Yours 4ever •

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

• the kingdom, the power, and the glory, are Yours 4ever •

@rachel : badminton..

Yoshua's picture

Yup..sangat berpengalaman..

tapi bukan sebagai pemain..

sebagai komentator amatir. hehehe.. Laughing

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

bisa

Geadley Lian's picture

Belajar main dong,kan bisa juga.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

Sudah tentu

Geadley Lian's picture

Seharusnya kita berpikir dulu bbicara krn itu yg sebaik-baiknya kita lakukan.Kita ngak boleh sama sekali melulu klw bicara.Ada org mrk ngak bpikir dulu,gaya laser toh.Dari situlah org bisa lihat kita itu yg gmana krn org sedang memperhatikan kita saat kita berbicara ant 1 sm lain.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

Biasa

Geadley Lian's picture

Udah biasa main kali.Gaya gue,minat ma badminton toh.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

Disclaimer | Situs ini dibuat oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) © 2008-2016 | Buku Tamu | E-mail: webmastersabda.org
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran