Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDA Space Teens

Loading

Yusuf anak Yakub

Geadley Lian's picture

Aku melanjutkan pembacaanku sampai pada cerita Yusuf anak Yakub.Cerita ini sangat menghayat hatiku karna ia mengisahkan bagaimana Yusuf diperlakukan oleh abang2nya yg merasa iri hati kepadanya.

Aku sempat berpikir bahwa apakah aku bisa menjadi sepertinya karna dia adalah seorang yg sangat pemurah & sedia mengampuni dosa abang2nya?Manusia sering ingin menyimpan dendam terhadap seseorang yg telah melukakan hati mereka tanpa berpikir bahwa setiap perbuatan ada pembalasannya terhadap seseorang.Dua kali Yusuf bermimpi & mimpi2nya diceritakan kpd abang2nya & Yakub bapanya & itu membuatkan abang2nya semakin membenci bahkan iri hati kpdnya.

Waktu abang2nya mengembala kambing domba Yakub di Sikhem,dia tidak bersama dengan mereka & Yakub menyuruh dia pergi menyusuli abang2nya di sana lalu pergilah dia.Di Sikhem dia tidak menemukan mrk lalu bertemulah dia dengan seorang lelaki lalu bertanylah dia "apakah yg kau cari?" Jawabnya "aku mencari saudara2ku.Tolonglah berkata kpdku di manakah mrk mengembalakan kambing domba?" Jawab lelaki itu "mrk telah berangkat dari sini,sebab telah kudengar mrk berkata:Marilah kita pergi ke Dotan.

Yusuf menyusul abang2nya ke Dotan.Mereka mendapati dari jauh Yusuf sedang mencari mereka & merancang utk membunuhnya,tetapi Ruben tidak mahu adik bongsu mereka dibunuh sebaliknya dilemparkan ke dalam sumur yg kering.Ketika mereka sedang duduk,tampak dari jauh kafila org Ismael yg hendak ke Mesir,lalu Yusuf dijual dengan harga 20 syikal perak lalu dibawa ke Mesir.

Di Mesir dia dijual pada Potifar & tinggal di rumahnya.Dia bekerja di sana & setiap pekerjaannya membuahkan hasil lalu Firaun menjadikan penguasa atas segala harta miliknya karna dia tahu Allah sentiasa menyertai dia.Meski istri Firaun coba menggodai dia,namun dia tetap bertahan & tidak mudah tergoda dengan istri Firaun karna dia menghormati jasa Firaun yg telah mengangkat dia menjadi penguasa atas segala hartanya.

Teman2 yg dikasihi dalam Yesus Kristus,di sini kita dapat belajar tentang keperibadian Yusuf anak Yakub,yaitu seorang yg taat kpd Firaun & tetap bertahan dari godaan sang iblis.Dia juga seorang yg pandai mentafsir mimpi Firaun di mana,negeri itu akan menghadapi kesuburan selama 7 tahun & kelaparan selama 7 tahun.Pada saat itulah dia bertemu dengan abang2nya & dia mengenali mereka tetapi mereka tidak mengenali dia.Di Mesir juga dia berdamai dengan abang2nya setelah Benyamin dilahirkan & masih muda.

Melalui cerita sedih ini kita dapat mengenal arti sebuah kasih bahkan kejahatan haruslah dibalas dengan kebaikan karna itu dapat memberi kesadaran kpd seseorang yg telah berdosa terhadap kita & ia bisa di sama artikan dengan pengampunan sesama manusia.Kita mendapati memang agak sulit utk menjadi seperti Yusuf tetapi dengan adanya Yesus Kristus dalam hati kita,maka apa yg telah Yusuf lakukan terhadap abang2nya tidak lagi menjadi kesulitan.Jadilah seperti Yusuf yg sentiasa diberkati bahkan berhasil dalam setiap pekerjaannya,moga hidup menjadi lebih berharga di mata Allah.

@Geadley lagi

Yoshua's picture

Kamu menulis, "Di Mesir dia dijual pada Potifar & tinggal di rumahnya.Dia bekerja di sana & setiap pekerjaannya membuahkan hasil lalu Firaun menjadikan penguasa atas segala harta miliknya karna dia tahu Allah sentiasa menyertai dia.Meski istri Firaun coba menggodai dia,namun dia tetap bertahan & tidak mudah tergoda dengan istri Firaun karna dia menghormati jasa Firaun yg telah mengangkat dia menjadi penguasa atas segala hartanya"

Sejak kapan istri Firaun menggoda Yusuf?? Sumbernya dari mana?? Potifar itu bukan Firaun lho..

Sekedar referensi, salah satu blog yang bagus baget dalam membahas Yusuf bisa dilihat di blognya koh dede wijaya, belajar dari Yusuf

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Bukan Potifar

Geadley Lian's picture

Bukan Potifar yg gue maksudkan tetapi Firaun yg mjadi raja pada saat itu.Istri Firaun itulah yg coba menggoda dia,hingga dia dimasuk ke penjara gara2 difitnah ma istri Firaun.Mohon di perbetulkan.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

@Geadley

thatikthux's picture

Kejadian 39:1-2 ==> Adapun Yusuf telah dibawa ke Mesir; dan Potifar, seorang Mesir, pegawai istana Firaun, kepala pengawal raja, membeli dia (Yusuf) dari tangan orang Ismael yang telah membawa dia ke situ. Tetapi TUHAN menyertai Yusuf, sehingga ia menjadi seorang yang selalu berhasil dalam pekerjaannya; maka tinggallah ia di rumah tuannya (Potifar), orang Mesir itu.

Yang mengganggu Yusuf adalah istri Potifar

Kejadian 39:7 ==> Selang beberapa waktu isteri tuannya (Potifar) memandang Yusuf dengan berahi, lalu katanya: "Marilah tidur dengan aku." (Selanjutnya di ayat 8--20.... )

Firaun ngga ada hubungannya dengan istri Potifar.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

ngak sengaja

Geadley Lian's picture

Sorry guys ngak sengaja kok.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

Disclaimer | Situs ini dibuat oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) © 2008-2017 | Buku Tamu | E-mail: webmastersabda.org
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran