Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDA Space Teens

Loading

Cara yang Baik Dalam Berpacaran Secara Kristen

Nael's picture


ATI-ATI PACARAN

Pacaran yah..hmm, setiap anak muda pasti memiliki hasrat untuk berpacaran. Melihatnya, berbincang dengannya, serta mengenalnya pastilah sangat menyenangkan. Idola hati merupakan hal yang indah.

Tetapi, orang seringkali salah paham akan makna pacaran tersebut. Inti dari pacaran adalah mencari pasangan hidup yang tidak akan disesali selama ia hidup, serta dapat memuliakan Tuhan dalam pernikahannya. Apabila orang mau berpacaran selain dari inti tersebut ia salah besar.

Langsung saja ke alkitab, 2 korintus 6 : 14 :

"Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?"

Pasti kalian sudah tahu maksudnya,, contoh konkrit: Pria Kristen maupun Wanita Kristen haruslah berpasangan dengan orang Kristen pula.

Maksudnya ialah unsur esensial dari 2 sejoli ini adalah pandangan hidup. Seimbang dalam pandangan hidup masing-masing pasangan. Pacaran yang baik adalah apabila pria dan wanita memiliki pandangan hidup yang sama, yaitu hidup yang berpusat pada Tuhan. Sehingga rumusnya :

2 pribadi + 1 visi = seimbang

2 pribadi + 2 visi = berat sebelah

jika menggunakan rumus ini tentulah pernikahan akan berlangsung bahagia dan kata "perceraian"-pun sulit untuk diucapkan, bahkan tak pernah terpikir.

Apabila kita sudah mengerti dan sudah dapat menghidupi firman ini, maka kita lihat apa saja yang perlu dalam berpacaran.

Orang kolot mengatakan,

tidak boleh pegang tangan

tidak boleh berpelukan

tidak boleh ciuman

Tetapi saya sebagai remaja mengatakan,

Peganglah tanggannya saat ia sedang lemah agar menjadi kuat

Peluklah ia saat merasakan kehampaan agar merasakan kehangatan akan perhatian

Kecuplah keningnya saat ia memerlukan penghargaan

Ciumlah bibirnya sebagai janji melangsungkan kehidupan pernikahan selamanya bersamanya..

 

@Nael...

thatikthux's picture

Salam kenal Nael, ....

Dari awal aku lihat tulisan kamu aku suka lho... hehehe...

Wah, tulisan kamu kali ini pas banget sama aku Y_Y...

Beberapa bulan lalu aku putus sama orang yang masih aku sayangi, aku putus hub pacaran sama dia karena dia ngga seiman sama aku...

Berat sih...

Dan sekarang pun demikian... Rasanya aku sudah menemukan orang yang bisa diandalkan. Orang yang bisa membawa aku ke pelaminan. Orang yang seiman. Dan orang yang penuh pengertian... Tapi aku salah Nael.. Dia ngga punya tujuan seperti aku.. :)

Kadang aku protes sama Tuhan.. kenapa kehidupan asmaraku ngga lancar. Namun aku sadar bahwa Tuhan mau aku belajar dari apa yang udah terjadi sama aku. Kita pasti akan bertemu dengan orang-orang yang salah sebelum menemukan satu orang yang tepat buat kita. :)

Semangat!!! :D

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

azuki

Nael's picture

iyah betul,,memang jalan yang qta tempuh mungkin sulit. tapi Tuhan tau yang terbaik untuk qta..

mungkin Tuhan ingin supaya kmu melayaniNya dahulu daripada berpacaran..he2

doakanlah keinginan Tuhan itu..pasti timbul sukacita di hati..

God Bless..

Semangat!!ha2

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Belajar dari ahlinya

Yoshua's picture

Hoho..Sbenernya aku kurang pengalaman soal gini-an, jadi aku belajar bny dari Nael.. Laughing

Sepadan, satu visi, saling menguatkan (ga cuma berdasar ukuran tampang, chemistry ato bahkan materi). Kadang kebanyakan remaja buru-buru pacaran, padahal belom tentu sesuai kriteria tersebut. Someday pasti deh Tuhan tunjukkan yang terbaik..

Blog yg berguna, makasih ya..

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

yoshua

Nael's picture

ha2..sya ga ahli soal beginian koq yosh,,qta smua bisa mengerti Firman Tuhan dengan bantuan Roh Kudus..he2 bisa juga dengan banyak membaca.

betoell,,mari kita coba untuk mengabulkan permintaan Tuhan.. jangan terus minta permintaan qta dikabulkan Tuhan.ho2

GBU

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

setuju dechh sama qm

dina christiana's picture

setuju dechh sama qm nael,,
tpi knp yaghh bwd aq cari pasangan yg seiman ituu sulit bgt !!!
kdang aq hampir ptuz asa loohh,,
tpii yaaghh aq jlnin dluu ajj selayak'a remaja biasanya !!!!
jodohh tuhan yg ngaturr walau qt hruzz b'usaha,,
tpi aq yqin tuhan daghh cipain jdohh aq d'luar cnahh ..
qn setiap org d'lahirkan berpasang"an !!!!
jdii aq yqin itu ...

blees you .. :)

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Dina....gw

thatikthux's picture

setuju ma qm juga deh... :p

Tuhan ngga pernah ngecewain kita. Dia lebih tau mana yang terbaik buat kita. Kadang kita mengandalkan percaya diri kita bahwa -dia- lah (pacar.red) yang pantas dan cocog ama kita. Kadang kita dengan "sok-tahu" berkata bahwa "dia benar-benar jodohku, kami udah pacaran 5th". Lom tentu jodoh kan....hehehe...

Rencana Tuhan tu misterius dan susah ditebak. Selalu MENGEJUTKAN Surprised... hehe

dan yang PASTI Indah Pada Waktunya Embarassed

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Azuki

Nael's picture

Yup Yup.. untuk menemukan orang yang benar-benar cocok / jodoh dengan kita, mungkin kita akan mengalami pacaran dengan beberapa orang lain dahulu..

Tetapi benar kata azuki, sekali lagi rencana Tuhan pasti indah bagi yang mengasihiNya..Amin

^^

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

hy vin..

thatikthux's picture

(marvin lebih suka manggil aku Azuki ya? ha5x...... Tongue out )

..mungkin kita akan mengalami pacaran dengan beberapa orang lain dahulu..

 

hm......butuh banyak bergumul dan berdoa supaya kita tau siapaka jodoh yang benar-benar pilihan dari Tuhan buat kita Embarassed

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Yap

Theo Walcott's picture

Yap, semangat ya ...

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

http://theo.piluz.org

:)

Nael's picture

Iyaaa..habis pertama x kenal kan ama azukiii..hahahha

hehehe.. :D

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Hai Dina

Nael's picture

haduh..maap, baru dibaless.. dulu awal2 masuk Teens suka males bacanya.. jadi ajaa terabaikan begini komen kamu..hehehe

Yup, tetap berusaha dengan tujuan yang baik yaaa..

hati-hati juga, Paulus ga berpasangan ama sapa2 loh.. cuma kebanyakan orang tidak dapat bertahan kalo hidup sendirian.^^

God Bless you Dina Laughing

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Pilihan Tuhan sll tepat

Geadley Lian's picture

Pilihan Tuhan sll tepat buat remaja2 yg setia berdoa & Tuhan tak pernah terlambat

mmilih.Gbu always:-)

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

Dasyat!!

Coronahsfz's picture

Wah..nael..slm kenal..
110% blog kamu itu benar..zaman sekarang tdk sedikit yg berlomba-lomba untuk pacaran padahal blm tentu itu jodoh kita atau dia yang terbaik untuk kita atau mungkin belum waktunya...
Saya sampai2 sering diketawain,diceritain sama kakak2 kelas,mereka bilang saya terlalu lugu, dan berbeda dari yg lain karena saya menolak& menghindar dari kakak kelas (tergolong anak populer sekolah) yg mau berpacaran dgn saya,karena saya pikir buat apa ini kan belum waktunya..salah2 bisa berdampak negatif buat saya ..yang saya lakukan hanyalah pasrah ,mungkin sesekali nangis karena terlalu sakit hati tapi .. saya jadikan ini sebagai cobaan, kalau saya nangis maka iblis tertawa..mungkin benar ada yg bilang kalau anak Tuhan pzt berbeda sama anak Dunia..Gbu always:-)

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

THANKS GOD

^^

Nael's picture

Hai Coronahsfz.. Oyah..haduh, ini blog dah lama banget ga dibuka..wkwkwk (kayanya harus diedit kembali) :p
Yup, semoga tulisan ini berarti buat kamu..
Hebat juga kmu ya, orang populer aja kamu tolak..hahaaa..
Sip deh, cari yang terbaik ya Coro.. xD
God Bless you too~

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Kalau

Theo Walcott's picture

Hai, kalau aku dah berpacaran sekitar 25 kali?? itu salah pa tidak ya??

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

http://theo.piluz.org

wow,...

thatikthux's picture

25 kali??..... minimal pacarannya dalam jangka waktu berapa minggu tu?

Lam kenal wallcot...

Ngga ada daftar yang masuk kriteria SALAH apa BENAR dalam "Berapa Kali" pacaran...

Yang penting dalam berpacaran itu kamu bisa bertumbuh di dalam Yesus ngga  ^_^...

(kalau pacaran ma yg beda agama pasti ngga bisa bertumbuh di dalam Yesus) 

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

wow

Nael's picture

huahaha...banyak amittt, salam kenal wallcot!^^

yah ga salah sih..cuma inget aja dari 25 cewe yg kmu pacarin dapet manfaat apa?? ato malah jadi membuang banyak waktu secara percuma??

mending pacaran ama dikit orang aja, kalo bisa satu kali aja dah langsung nikah deh..wkwkwkw

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Wow lagi

Theo Walcott's picture

Salam kenal Nael, dari hubungan pacaran itu aku gak merasakan apa2 sih?? banyak buang waktu?? soale sang pacar minta maen terus, q males klo diajakin maen.. jadi q putusin aja? yap!! aku sekarang mencoba gak pacaran dulu.. nunggu orang yang tepat muncul? sukur2 nanti pacaran sebentar trus langsung nikah.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

http://theo.piluz.org

ooohhh

Nael's picture

huahhaa..asik dong yah maen terusss.hihihi

sip dah, smoga dapet cewe yang terbaek dari Tuhan dan km juga jadi cowo terbaek buat cewe itu juga..

God Bless Wallcot!Smile

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Hm.. dalam

Theo Walcott's picture

Hm.. dalam hitungan jam pun juga pernah?? tapi paling lama itu sekitar 1,5 Tahun.. lam kenal juga tik..

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

http://theo.piluz.org

wow lagi..

goguma's picture

waah, hebat banget kamu, bisa "menaklukkan" hati 25 cewek ... hehe :)

kalo bole nanya, kok bisa putus dalam hitungan jam siy?_?

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

('o') LOE , (' ,') GUE = (--) END

dia

Theo Walcott's picture

dia, ternyata udah ...

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

http://theo.piluz.org

re: dia

goguma's picture

# dia, ternyata udah ...

Surprised emang sengaja gak dilanjutin ya, kalimatnya .. hehe

yaah, apapun alesan kamu, pacaran/enga, itu emang sebuah pilihan kok., Innocent

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

 

('o') LOE , (' ,') GUE = (--) END

Yup

Theo Walcott's picture

Yup, thx popuri :)

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

http://theo.piluz.org

Milik org

Geadley Lian's picture

Dia milik org lain,gitu.Makanya jgn pilih sdr klo ngak pasti.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

Gak pasti gimana?

Theo Walcott's picture

Gak pasti gimana maksud loe? dia itu ternyata dah g itu ...

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

http://theo.piluz.org

Sllunya

Geadley Lian's picture

Belum tentu itu jodoh loh.Kalo pilih sdirikan sllunya ngak benar.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

Klo kaya tetangga q gimana?

Theo Walcott's picture

Klo kaya tetangga q gimana?, tetangga q  itu cerai ? padahal sebelum mereka memustuskan untuk nikah mereka minta jawaban dari Tuhan?

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

http://theo.piluz.org

Kasih manusia ngak sbanding

Geadley Lian's picture

Kasih manusia ngak sbanding kasih Tuhan.Sepatutnya,perceraian ngak harus blaku dlm rumahtangga krn

Tuhan mngajar kita utk saling mnhgasihi,khadiran kasih Tuhan dlm sbuah perkahwinan itu penting.Wink

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

Capek deh..

Theo Walcott's picture

Capek deh.. ditanya apa jawabane malah apa??!!#$$@

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

http://theo.piluz.org

@@

Nael's picture

hhaha..sabar2, orang malaysia kan tuh Geadley Lian!??? mungkin sedikit berbeda bahsanya ? ;p

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

@Lian

thatikthux's picture

Kasih Tuhan memang melebihi kasih siapapun.

Memang Tuhan tidak menghendaki perceraian.

Memang Tuhan mengajar kita untuk saling mengasihi.

 

Wallcot tanya tu, gimana dengan keadaan tetangganya yang dulu sebelum memutuskan untuk menikah, mereka meminta tuntunan dari Tuhan, tapi setelah  menikah mereka malah bercerai...

 

@wallcot: * Menurutku; tetanggamu tu belum dewasa secara rohani. Mungkin ini bisa jadi tantangan buat kamu cot, kan kamu mau masuk teologi. Coba aja kamu masuk ke sela-sela keretakan rumah tangga mereka. Hadirkan Tuhan di dalamnya. Walaupun mungkin mereka sudah resmi bercerai, namun tidak ada kata TERLAMBAT... ^_^

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Mungkin

Geadley Lian's picture

Persediaan mrk mungkin belum cukup,pd pendapat gue.Krohanian juga ngak mcukupi syarat dlm pernikahan

mrk.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

mungkin...

thatikthux's picture

menurut Lian, "ngga pasti" tu dalam arti kamu memilih dia bukan tuntunan dari Tuhan. Kamu juga belum tau latar belakang, kepribadian, dan apapun dia dengan sepenuhnya. Dia orang baik atau enggak.

makanya kamu dikhianati dia....

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Persediaan

Geadley Lian's picture

Kita harus saling mmahami ant satu sama lain dulu/berkawan dulu kalo mau mngenal seseorg itu dr segi

latar blakangnya.Psediaan juga harus rapi kalo mau mnikah,adakah kita sudah bersedia/belum?Laughing

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

Ingat2

Geadley Lian's picture

Daya tarikannya itu tinggi skali tapi ingat ma Tuhan loh.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

gmn cra spy saat pcrn gk ptuz???

Michael Angga P's picture

hai Nael met kenal....
aku mw nanyak,kira2 mnrtmu diumur 12 thun tuh boleh pcrn gk y???Cool
truss....
aku tkut pcrku tuch selingkuh tpy dee tetep blank,percayao...
aku percaya seh cm kdang pikiran tentang tkt cemburu datang mulu.........
n aku mw tanya,gmn y cra supaya paz pacrn gk akan ptuz?????Embarassed

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Heiii ada penghuni

Nael's picture

Heiii ada penghuni baruu..haha halo Michael salam kenal juga..
hmm..umur 12 tahun pacaran buat apa? masih panjang perjalanan hidupnya juga, masih terlalu muda..sebaiknya jangan.. deket2 ama mamih n papih aja dulu..:D
terusss
owhh..kalo soal cemburu ya gapapa sih.. tapi seharusnya kata alkitab kalo cinta/kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong 1Korintus 13:4 , jadi sebenernya itu kalo kita cemburu kita egois.. bagaimanapun kalo kita mengasihi seseorang kita harus membuat orang itu bahagia.

Kalo soal pacaran gakan putus, kemungkinan besar bisa putus.
Karena kata orang, api asmara itu cuma bertahan 4 tahun saja. Bisa kurang malahan. jadi bisa saja suatu hari nanti bisa suka banget ama orang yang berbeda, pacar kmu pun sama. Hidup itu dinamis. Tapi yang perlu kita lakukan kita hidup untuk hari ini dan masa depan, jadi berusaha yang terbaik aja. Do the best man! :)

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Pacaran dah cukup lama

Michael Angga P's picture

Gmn y???Cool
hmm......
lek skrng disuruh ptuz y dh nangung 6 bln,bntr lgy 7bln...
kita seh dah janji gk akan putuz....
sole sma2 gk pengen ngrasain skit hti,hehehe...
hmm......
lek katae pendeta yg perempuan sih gpp asalkan jok kyk orang dunia pcrnnya,truz pcrn it lek ke2 belah pihak saling merasa cocok gt
Embarassed

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Sbel ma temen

Michael Angga P's picture

zzz
tmenku bencekno soro,di blangin aku pcrnya cwek it dee gk prcy,msk cwekku dikejar2....

aku ngo ke dee lek cwek it pcrku dngan tujuan dee gk ganggu cwekku...

eh tdy pagi pcrku mlah belani dee...
katae'km sih pkek blank2 ke dee,akhire km di blank pembohong ato ap gt'

wez gt aku blank ke cwok it Tuhan yg tau kalo aku pcrnya cwek it,dee mlah blank'angga sok alim',aku nyoba gk dengerno it,eh dibwa2 ke fb,muangkel aku....

knp y smua nyalain aku!???
zzz

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Masih jauh

Geadley Lian's picture

Sebaiknya jangan pacaran terlalu awal,lagian terlalu muda & belum bisa berpikir secara matang.Perjalanan lagian masih jauh buatmu.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

Hmm...nangung

Michael Angga P's picture

Duh nanggung juga y........
dah bnyk bwt janji soale..
heheheEmbarassed

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Dr bro

Geadley Lian's picture

Ngak usah buru2 buat keputusan,berpacaran waktu masih sekolah itu biasanya ngak lama.Makanya,pikir dulu ttg pelajaranmu sampe lulus.Ngak usah bingung soal pacaran,Tuhan punya rencana yg lebih baik buat kita karna kalo buru2 akhirnya susah doang.Belajar berdoa dong ma Tuhan,apa maunya Tuhan buatmu.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

Hy Angga,

thatikthux's picture

Lam kenal... ^_^
hm.... masih kecil udah pacaran ya.... Embarassed

kamu kan masih sekolah. Pasti masih lirik cewe sana-sini juga (hahaha,
just kidding). Tapi kamu udah bilang jangan sampe putus karena udah
buat janji-janji...

hm... lebih banyak keuntungan atau kerugiannya Ang?

 

 

 

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Bnyk untung,dkit rugi^^

Michael Angga P's picture

Bnyk untung,aku ma dia tmbh serius bngt.........
dlukan serius biasa.........
hehehe
kdang dee isa bwt aku jdi gk slah sangka,tak kirain celingkuh(opo seh,wwkwkwkwk),dia bwt aku jdi gk cemburu n memang kenyataannya dee gk selingkuh(hoyeeee)

ruginya,kdang2 cemburu,it doank^^

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

@angga

thatikthux's picture

hahaha....lucu ya, aku pacaran juga gitu. Isinya salah sangka mulu.... (tentang selingkuh juga...)

hm... mungkin itu tanda kalau kita emang ngga mau kehilangan pasangan kita (tepatnya: ngga mau sakit ati). Tapi lihat firman Tuhan. Kasih itu tidak cemburu. Cemburu membuat kita susah sendiri ox... mbuat mangkel dewe, mbuat prasangka buruk dewe, mikir'e mesti aneh-aneh, susah tidur, pengen'e tau terus kabar'e de'en gmn (lg ngapain), dhe el ell....

PADAHAL.... belum tentu pasangan kita "ngapa-ngapain" (yang bisa membuat kita cemburu)....

Pacarmu seiman ngga? Kalau seiman, ya diseriusin ae. Tapi tetep ingat tata cara berpacaran secara Kristen. Jangan sampe dia membuatmu jauh dari Tuhan. Ajak dia lebih dekat dengan Tuhan. Berdua saling melayani dan mengasihi di dalam Tuhan.

hm...aku juga lagi belajar gitu. 

Semangat yak!! Laughing

O'ya, 1 catatan: menurutku, usia ngga menentukan kita berpikir secara dewasa. Seusiamu bisa jadi dewasa kog, asal kamu tetep tunduk pasa pimpinan Roh Kudus, yakin aja deh, pasti Tuhan ngasih hikmat ma kamu. ^_^

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

ya ampun..

novi lorensia's picture

ya ampun,.. ternyata ada anak usia dini yang udah pacaran,..
hehehehehe,..
kamu bener2 yakin ya sama pacar kamu yang sekarang ini???
kalo boleh tahu,.. apa sih tujuan kamu pacaran??? apa yang kamu cari dari hubungan pacaran kamu itu???
hehhee...
salam kenal yah.. :)

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

yah

Michael Angga P's picture

yakin....

tujuannya untuk nikah,hehehe

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

pemikiran yang dewasa..

novi lorensia's picture

emm...sebuah pemikiran yang dewasa banget ya..(dari seorang anak seusia kamu)..::)

tapi apa pasangan kamu juga punya tujuan yang sm??? terus setelah kamu ntar nikah sm pacar kamu yang sekarang, apa visi kalian buat pekerjaan Tuhan ????? :)

km harus bener2 yakin dan tahu, sebelum kamu memutuskan untuk menikah..

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Persoalan

Geadley Lian's picture

Satu persoalan yg ingin gue tanya adalah adakah anda tahu maksud pernikahan?Apa pendapat anda tentang pernikahan?Karna pernikahan itu hanya sekali dalam seumur hidup.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

Disclaimer | Situs ini dibuat oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) © 2008-2014 | Buku Tamu | E-mail: webmastersabda.org
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran