Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDA Space Teens

Loading

Jeff: Ibuku & Penampilan

Jeff Constantine's picture

Tidak seperti biasanya, ibundaku duduk dan mengelus-elus wajahku dengan sangat lebut. Padahal sebelumnya ibuku memarahiku dan mengatakan bahwa aku tidak berguna karena kondisi kedua mataku yang tidak normal. Tetapi segera saja perasaan minder akibat dari perkataan ibuku yang marah itu segera aku abaikan. Ya, apalagi memang ibuku sudah jujur mengatakan kondisiku yang memang tidak berguna.

Beberapa saat setelah ibuku duduk di sampingku, ia memujiku. Katanya, "wajahku sangat tampan". Aku bertanya, "apa artinya tampan?" Ibuku menjawab, "tampan artinya cakep, enak dilihat menggemaskan dan tidak membosankan". Lalu aku bertanya, "apa artinya cakep, enak dilihat menggemaskan dan tidak membosankan?" Ibuku menjawab, "seperti dirimu yang kamu rasakan." Lalu aku terdiam dan mengingat sebuah perkataan yang pernah kudengar ketika ibuku memuji kakak perempuanku yang yang mengatakan, "selamat pagi cantik" sewaktu kakakku itu bangun tidur. Aku kemudian melanjutkan pembicaraanku dengan ibuku, "Mami, pasti kakaku sangat cantik!" Ibuku menjawab, "ya karena ia perempuan, maka ia menerima pujian 'cantik'". Kemudian ibukku melanjutkan pembicaraanya, "karena kamu, Jeff, terlahir sebagai laki-laki, maka kamu berhak disebut 'cakep' dan kakakmu, perempuan berhak disebut 'cantik'. Meskipun Jeff terlahir dengan mata yang tidak normal, tetapi Jeff memiliki mata di dalam hati".

Ibuku selanjutnya memberikanku pelajaran tentang kecantikkan atau kegagahan seorang manusia. Ia bercerita seperti ini, "Di dunia ini banyak orang yang tidak puas dengan dirinya sendiri dalam hal kecantikan atau kegagahan seseorang. Karena merasa tidak puas dengan penampilannya, banyak orang, baik laki-laki atau perempuan mengubah penampilan mereka. Yang rambutnya hitam, dicat menjadi kuning atau coklat. Yang hidungnya pesek, dioperasi agar mancung. Yang kurang tinggi, ingin tinggi. Yang subur ingin kurus. Yang kurus ingin agak gendut. Yang kecil ingin menjadi agak besar, dan sebagainya."

Mami! Maafkan Jeff! Jeff benar-benar tidak mengerti apa yang sedang ibu katakan! Apa itu 'hitam', 'kuning', 'coklat' 'pesek', 'mancung', 'tinggi', 'subur', 'kurus', 'gendut', 'kecil' dan 'besar'? Ibuku terdengar diam. Beberapa saat kemudian dia kembali bersuara, katanya, "Ibu tidak bisa menjelaskan semuanya sekarang, tetapi nanti, setelah Jeff melihat, Jeff akan mengerti semuanya itu!" Aku menjawab, "dari semua ciri-ciri yang ibu perdengarkan ke Jeff, Jeff termasuk yang mana Mih?" Ibuku, menjawab, "rambutmu hitam, kulitmu kuning, hidungmu sedikit mancung, tubuhmu tinggi dan sehat, pada intinya, Jeff adalah laki-laki yang gagah." Aku, Jeff, terdiam sekejap seraya berpikir, "mata hatiku melihat bahwa aku, Jeff adalah seperti seseorang yang ibundaku katakan". Ibuku kemudian menutup pecakapan itu dengan mengatakan, "Kegagahan atau kecantikan bukan diihat dari penampilanmu, tetapi dari pengakuan hatimu sendiri. Hatimu adalah matamu yang mampu melihat dan menilai dirimu sendiri. 'Perkataanku keluar dari hati yang jujur, dan bibirku menyatakan dengan terang apa yang diketahui (bukan dilihat)'". Demikian perbincanganku dengan Ibuku tentang penampilan.

ayat-ayat ini mungkin berguna bagimu

Dedy Yanuar's picture

ayat-ayat ini menguatkan aku saat aku lagi down.

25 Sebab yang bodoh dari Allah lebih besar hikmatnya dari pada manusia dan yang lemah dari Allah lebih kuat dari pada manusia.
26 Ingat saja, saudara-saudara, bagaimana keadaan kamu, ketika kamu dipanggil: menurut ukuran manusia tidak banyak orang yang bijak, tidak banyak orang yang berpengaruh, tidak banyak orang yang terpandang.
27 Tetapi apa yang bodoh bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan orang-orang yang berhikmat, dan apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yang kuat,
28 dan apa yang tidak terpandang dan yang hina bagi dunia, dipilih Allah, bahkan apa yang tidak berarti, dipilih Allah untuk meniadakan apa yang berarti,
29 supaya jangan ada seorang manusiapun yang memegahkan diri di hadapan Allah.
(1Korintus 1:25-29)

kalau tidak membantu tolong maafkan aku....

GBU

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Jeff, berapa Umur kamu?

hai hai's picture

Jeff, maaf, saya baru tahu, kamu buta, tadinya hanya terpikir kamu hanya dilahirkan dengan mata tidak normal, namun masih bisa melihat. Itu sebabnya awalnya saya kurang memahami tulisan kamu. Setelah tahu kamu buta, semuanya menjadi lebih mudah untuk dipahami.

Jeff, berapa umur kamu? Kamu belajar tulisan braile? Kamu harus belajar karena cepat atau lambat kamu harus menulis dan membaca sendiri.

Jeff, mama kamu bilang:

"Kegagahan atau kecantikan bukan dilihat dari penampilanmu, tetapi dari pengakuan hatimu sendiri. Hatimu adalah matamu yang mampu melihat dan menilai dirimu sendiri. 'Perkataanku keluar dari hati yang jujur, dan bibirku menyatakan dengan terang apa yang diketahui (bukan dilihat)'"

Maaf, dalam hal ini nampaknya saya kurang setuju dengan mama kamu. Cantik atau tampan itu anugerah Tuhan, tidak ditentukan oleh penilaian diri sendiri apalagi orang lain. Ada orang tampan, ada orang cantik ada juga orang jelek, namun semuanya itu anugerah Tuhan kita tidak dapat memilih untuk dilahirkan tampan atau cantik atau jelek.

Kamu buta, itu berarti kamu tidak bisa menikmati tampan, cantik atau jelek dengan mata kamu, namun itu bukan berarti kamu tidak bisa menikmati tampan, cantik atau jelek dengan apa yang kamu miliki.

Kamu sudah bertemu dengan banyak orang, lelaki dan perempuan, yang tua, yang muda, yang remaja dan anak kecil. Saya yakin kamu punya kriteria sendiri tentang apa itu tampan, cantik dan jelek. Nah, yang kamu pahami tampan itulah tampan, yang kamu pahami cantik itulah cantik, yang kamu pahami jelek itulah jelek. Ha ha ha ... bila ketemu suatu saat nanti, saya yakin kamu dengan mudah menilai si tua bangka hai hai ini tampan atau jelek?

Samuel Wisely, Aku Meminta Kepada JEHOVAH Dengan Bijaksana

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Samuel Wisely, Aku Meminta Kepada JEHOVAH Dengan Bijaksana

^^

Nael's picture

Betul Jeff.. Meskipun orang-orang melihat bagaimana penampilanmu di dunia.. Tetapi ingat bahwa Tuhan itu melihat setiap hati kita yang terdalam. Apakah kita bersyukur atas hidup yang telah Tuhan berikan kepada kita atau tidak..
Tuhan pasti memberikan yang terbaikkk..
GBU

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Disclaimer | Situs ini dibuat oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) © 2008-2016 | Buku Tamu | E-mail: webmastersabda.org
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran