Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDA Space Teens

Loading

Udah Cuci Tangan?

Jordan's picture

Hai Sob, kali ini aku akan mengupas sedikit tentang gaya hidup sehat yang kelihatan sepele namun memiliki efek yang besar dalam kesehatan, yaitu mencuci tangan. Kegiatan yang satu ini penting dilakukan karena dapat menjaga dan memelihara kesehatan kita. Hmm, anda tahu tidak kalau tangan merupakan salah satu agen utama masuknya kuman/mikroba penyebab penyakit?, melalui tangan bakteri itu dapat masuk ke mulut, hidung dan anggota tubuh lainnya. Mikroba tersebut masuk melalui makanan dan minuman atau benda-benda yang menempel ditangan kita baik secara sengaja atau tidak sengaja. Selain untuk diri sendiri tangan juga sebagai sumber penyaluran kuman dari satu orang ke orang lainnya.

"Cuci tangan dulu" kita mingkin tidak merasa asing dengan kalimat ini. kata-kata ini sering diucapkan oleh Keluarga maupun orang lain, bahkan ada juga dalam ilkan TV. Namun pertanyaannya apakah kita sudah mencuci tangan setiap hari? Jika belum maka anda perlu berhati-hati karena ada penyakit yang mengintai anda. Pengen tau penyakit apa yang mungkin bisa terjadi saat kita jarang mencuci tangan? Nih saya kasih tau. Yang pertama dan sering kita jumpai yaitu Flu. Penularan ini terjadi ketika Anda baru saja menggunakan fasilitas umum atau bersentuhan dengan orang lain. Kemudian ketika Anda makan secara langsung maka bisa menyebabkan virus segera berpindah tangan. Virus akan menyebar sangat cepat, tidak hanya masuk ke dalam tubuh tapi juga berpindah lewat saluran pernafasan.

Selanjutnya ada Diare. Infeksi ini disebabkan oleh virus atau bakteri yang sebelumnya sudah ada di tangan. Kemudian akan masuk ke saluran pencernaan lewat makanan yang bersentuhan langsung dengan tangan. Perkembangan bakteri atau virus dalam saluran pencernaan bisa menyebabkan diare. Usus tidak bisa menerima bakteri tersebut sehingga membuat reaksi diare. Lalu ada penyakit Hepatitis B,
Penyakit hepatitis ini akan menyerang organ hati dan menyebabkan penderita sulit untuk memiliki tubuh yang sehat. Hepatitis B termasuk jenis penyakit yang mudah menular. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah sering mencuci tangan. Mencuci tangan sebelum makan bisa menurunkan resiko hepatitis B. Virus ini bisa menyebar dengan mudah lewat udara dan makanan. Selain 3 penyakit diatas, anda juga dapat terinfeksi bakteri Salmonella, E.Colli, Shigela, dll

Melihat Penyakit diatas bagaimana Tanggapan sobat sekalian? sungguh mengerikan bukan?. So, mari kita ubah gaya hidup kita, yang dulunya jarang mencuci tangan kini mencuci tangan setiap saat. Nah, ini saya kasih tahu saat yang tepat untuk mencuci tangan,

1. Sebelum dan sesudah memasak

2. Sebelum dan sesudah makan

3. Sesudah buang air kecil/besar

4. Setelah Memegang Benda-benda kotor, berdebu dan berkarat

5. Setiap kali tangan kita kotor setelah melakukan berbagai aktivitas, seperti menyapu, bersih-bersih rumah, memegang unggas, dan lain sebagainya.

6. Setelah batuk, bersin, maupun sehabis memegang luka

7. Setelah Belajar, berpergian dan bermain

Sekarang bagaimana cara mencuci tangan yang Baik dan Benar?. Caranya yaitu:

  • Cuci tangan dengan air bersih ( sebaiknya air yang mengalir )
  • Pakailah sabun ( sebaiknya sabun anti septik dan berupa sabun cair )
  • Gosok telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari, dan kuku
  • Bilas kembali menggunakan air bersih yang mengalir
  • Keringkan dengan lap / handuk yang bersih

Ngomong-ngomong perlu gak sih pake sabun?, Apa sih manfaat pake sabun dalam mencuci tangan?, Nih manfaatnya:

  • Dapat menghilangkan lemak dan kotoran yang menempel di tangan.
  • Dapat menghilangkan kuman dan bakteri yang menempel/ bersarang di tangan. Menurut Journal of Environmental Research and Public Health menyatakan bahwa mencuci tangan dengan sabun dapat menghilangkan lebih dari 92% kuman penyebab penyakit yang menempel di tangan.
  • Dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit yang disebabkan oleh kuman, seperti radang tenggorokan, masalah saluran pernafasan, disentri, diare, iritasi kulit, biang keringat, mata merah, jerawat, bau badan, tipus, cacingan, serta infeksi pada mata.
  • Dapat mencegah terjadinya penularan penyakit dari satu orang ke orang lainnya. Penularan penyakit bisa saja terjadi saat kita berinteraksi dengan seseorang yang sedang sakit. Untuk itu sangat dianjurkan untuk mencuci tangan dengan sabun segera setelah berjabat tangan ataupun setelah berkunjung ke tempat seseorang yang sedang sakit.
  • Tangan menjadi lebih bersih dan harum

Nah dengan adanya Artikel yang something ini, Bagaimana sikap anda selanjutnya? Apakah anda akan Terus begini? atau begitu? atau.. ah sudahlah. Sampai disini dulu ya artikelnya semoga dapat bermanfaat dan manambah pengatahuan sobat tentang Kesehatan. GBU

Disclaimer | Situs ini dibuat oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) © 2008-2017 | Buku Tamu | E-mail: webmastersabda.org
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran