Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDA Space Teens

Loading

Roh Orang mati

Jordan's picture

Syalom, jumpa lagi dengan saya, dalam kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas tentang berbagai pertanyaan seputar roh orang mati. Memang setiap orang akan mengalami yang namanya kematian. Kematian adalah hal yang alami terjadi, dan setiap orang bisa mengalami hal tersebut dengan cara yang berbeda-beda, bisa karena faktor usia, penyakit maupun kecekalaan. Beberapa orang terdekat yang anggota keluarganya akan meninggal melihat tanda-tanda yang aneh misalnya, ada yang melihat malaikat maut yang berbadan gelap datang dan menjemput dan ada juga yang melihat malaikat Tuhan yang terang datang dan mengulurkan tangannya untuk menjemput kembali pulang kerumah Bapa. Namun ada banyak pertanyaan seputar roh manusia yang sudah mati karena banyaknya isu-isu tentang roh orang yang telah mati. Berikut beberapa pertanyaan tentang roh orang mati dan jawaban Alkitab tentang dunia orang mati.

1. Kemana roh orang yang sudah mati?
Dibawah ini adalah beberapa ayat Alkitab yang dapat menjelaskan pertanyaan diatas
"dan debu kembali menjadi tanah seperti semula dan roh kembali kepada ALLAH yang mengaruniakannya." (Pkh 12:7)
"Lalu ia berkata: "YESUS, ingatlah akan aku, apabila ENGKAU datang sebagai RAJA." Kata YESUS kepadanya: "AKU berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan AKU di dalam Firdaus." (Luk 23:42-43)
"Orang kaya itu juga mati, lalu dikubur. Dan sementara ia menderita sengsara di alam maut (hadesh) ia memandang ke atas, dan dari jauh dilihatnya Abraham, dan Lazarus duduk di pangkuannya." (Luk 16:23)

Tubuh manusia kembali kepada debu tapi roh manusia tetap hidup dan kembali kepada TUHAN YESUS. Roh orang yang mati yang percaya kepada YESUS KRISTUS masuk kedalam tempat yang bernama Firdaus. Setelah masa penghakiman, orang yang percaya kepada YESUS KRISTUS akan masuk kesurga dan orang yang tidak percaya kepada TUHAN YESUS akan masuk kealam maut.

2. Apakah roh orang mati bisa gentayangan dan bisa menjumpai orang yang masih hidup ?
Jawaban dari pertanyaan diatas jelas Tidak.
"Sebagaimana awan lenyap dan melayang hilang, demikian juga orang yang turun ke dalam dunia orang mati tidak akan muncul kembali. Ia tidak lagi kembali ke rumahnya, dan tidak dikenal lagi oleh tempat tinggalnya." (Ayb 7:9-10)

Alkitab jelas mengatakan bahwa roh orang yang telah mati tidak akan pernah kembali atau gentayangan kepada kita orang yang masih hidup. Oleh karena itu, kita tidak perlu lagi merayakan hari-hari orang yang telah mati, kita tidak boleh berhubungan dengan dunia orang mati. Apakah orang percaya boleh ke kuburan? Boleh, tapi hanya sekedar membersihkan kuburan dan bukan meminta berkat pada orang yang telah mati.

3. Jika roh tidak gentayangan, roh siapakah sering muncul dalam kehidupan manusia?
Mungkin saudara sendiri pernah mengalami hal yang menakutkan itu, Melihat secara langsung atau merasa didatangi oleh roh orang yang sudah mati. Tapi ketahuilah bahwa roh tersebut adalah iblis yang menyamar.
"Hal itu tidak usah mengherankan, sebab iblispun menyamar sebagai malaikat Terang." (2 Kor 11:14)
Jika iblis saja bisa menyerupai malaikat terang apalagi hanya menyamar sebagai seseorang yang telah mati. setan tidak mahatahu tapi setan dapat belajar dari kehidupan sehari-hari kita, sehingga ia bisa tahu tentang kehidupan kita.

4. Adakah api penyucian (Keluarga orang yang mati belum percaya kepada Tuhan Yesus Kristus mendoakan orang yang telah mati tersebut agar dapat diselamatkan) ?
Jawaban untuk pertanyaan yang satu ini adalah Tidak ada,
"Orang kaya itu juga mati, lalu dikubur. Dan sementara ia menderita sengsara di alam maut ia memandang ke atas, dan dari jauh dilihatnya Abraham, dan Lazarus duduk di pangkuannya. Lalu ia berseru, katanya: Bapa Abraham, kasihanilah aku. Suruhlah Lazarus, supaya ia mencelupkan ujung jarinya ke dalam air dan menyejukkan lidahku, sebab aku sangat kesakitan dalam nyala api ini. Tetapi Abraham berkata: Anak, ingatlah, bahwa engkau telah menerima segala yang baik sewaktu hidupmu, sedangkan Lazarus segala yang buruk. Sekarang ia mendapat hiburan dan engkau sangat menderita. Selain dari pada itu di antara kami dan engkau terbentang jurang yang tak terseberangi, supaya mereka yang mau pergi dari sini kepadamu ataupun mereka yang mau datang dari situ kepada kami tidak dapat menyeberang." (Luk 16:23-26)
"Dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi." (Ibr 9:27)

Manusia hanya hidup satu kali saja, oleh karena itu gunakanlah kesempatan hidup kita untuk hidup dalam kebenaran, mengisi hidup kita dengan berkarya bagi Tuhan Yesus, melayani Tuhan Yesus dengan segenap hati kita, pikiran kita, akal budi dan segenap kekuatan kita.

Manusia pasti akan mengalami kematian, bukan bagaimana cara kita mati tapi kemana saat kita mati, itulah yang terpenting. Firman Tuhan menyatakan dengan jelas, bahwa tidak ada hubungan antara orang yang telah mati dengan orang yang masih hidup. iblis menyamar sebagai malaikat terang untuk mengelabui manusia agar percaya akan keberadaan roh orang mati tersebut.

Hubungan yang intim dengan Tuhan Yesus Kristus akan membuat kita semakin kuat dalam Tuhan dan dapat membedakan manakah Roh Tuhan dan manakah roh jahat. Sebab itu, hiduplah sebagai anak-anak terang dan kegelapan tidak akan menguasai kita, Amin. JBU

Disclaimer | Situs ini dibuat oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) © 2008-2016 | Buku Tamu | E-mail: webmastersabda.org
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran