Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDA Space Teens

Loading

4 Myth of Love

Nael's picture

4 Mitos Cinta. Mitos adalah suatu cerita rakyat tentang segala hal yang
ada di bumi yang belum mereka ketahui. Jadi, artinya mereka mengarang
cerita menurut pemikiran mereka yang begitu kelihatan luar biasa. Cerita
mengenai tuhan / dewa, binatang-binatang, serta kehidupan cinta
manusia. Seakan-akan imajinasi disambungkan dengan kenyataan. Ya, ini
adalah omong kosong (gada juga ga berarti apa-apa). Tetapi omong kosong
di tangan orang yang bijaksana akan menjadi pelajaran berarti. Mengapa
lalat ada di dunia? Lalat itu binatang yang omong kosong, tetapi ada di
dunia. Salah satu hal yang menjadikan dunia berwarna atau menarik bagi
manusia. Bagaiamana kita melindungi makanan dari lalat yang penuh dengan
bakteri, disitu kita belajar mencegah lebih baik daripada mengobati.

Yang
akan kita bahas adalah mitos tentang cinta. Hm, terdapat 4 mitos :
1.
Jodoh di tangan Tuhan
Siapa bilang jodoh di tangan Tuhan? Kita bisa
saja memilih orang yang akan menjadi kekasih kita itu siapa. Karena kita
memang memiliki kehendak bebas yang berasal dari Tuhan sendiri. Kita
beranggapan bahwa Tuhan menyediakan seseorang yang begitu kita puja dan
teristimewa yang kelak akan menjadi kekasih kita dan bahagia selamanya.
Meskipun alasan ini begitu rohani dengan mengatasnamakan Tuhan, tetapi
ini ajaran yang salah. Kenapa? Karena jika kita menganggap jodoh di
tangan Tuhan, maka perceraian pun di tangan Tuhan juga. Memangnya Tuhan
mengizinkan kita bercerai? Jadi, sebenarnya Tuhan sudah meneydiakan
siapa-siapa yang cocok dan yang seiman menjadi pasangan hidup kita.
Kitalah yang menentukan, kitalah yang berusaha, keputusan itulah yang
akan membuat kita bahagia atau tidak. Tuhan hanya meminta kita untuk
taat dalam memilih pasangan dan Tuhan akan menyertai kita.

2.
Cinta mampu mengatasi segalanya
Kalau cinta mampu mengatasi segalanya
tentu putus hubungan ataupun cerai, terucap pun tidak. Kalimat ini
tercetus karena cinta yang menggebu-gebu saat pertama kali kita
menyayangi seseorang. Tapi untuk beberapa waktu yang berjalan, waktu
yang lama, cinta perlu diisi dengan komitmen dan keintiman. Komitmen
untuk saling membangun dan keintiman hubungan, baik pribadi maupun
dengan Tuhan.

3. Pandangan pertama
“Cinta pada pandangan
pertama yakin bahwa ini adalah cinta yang tulus”. Hm, tidak. Itu adalah
cinta dadakan karena fisik lawan jenis kita. Hm, perlu kita akui ini
memang indah, kita harus menikmati masa-masa ini. Tetapi cukup nikmati
saja, sedikitnya kita pernah merasakan hal ini, untuk perkembangan lebih
lanjut, kita perlu merenungkan apakah ia tepat atau cocok diajak
melewati susah dan senang? Kita perlu hati-hati, karena cinta pada
pandangan pertama belum tentu membahagiakan kita. Perlu keputusan matang
untuk menjadikan ia kekasih kita atau tidak. Karena ini merupakan
keputusan penting yang sangat berdampak. Hati-hati dengan kata
penyesalan.

4. Teman hidup yang sempurna
Mungkin kita
beranggapan bahwa teman hidup yang kita miliki pastilah sempurna, paling
baik. Oh iya jika kita merasakan yang baik-baiknya saja. Tapi
masalahnya semua orang itu memiliki kekurangan, kita dituntut untuk
saling melengkapi baik kelebihan dan kekurangan pasangan kita.
Tapi
mungkin ada seseorang yang tahu bahwa si dia (pasangannya) begitu buruk
dan jahat masih tetap saja ingin menjalin hubungan dengannya. Kenapa
bisa fokus kepada kebaikannya saja sedangkan keburukannya tidak
dihiraukan? Karena ia menjalin hubungan dengan motif yang lain. Status,
kesepian, kekosongan, dan nafsu. Sekali lagi, motif menjalin hubungan
dengan lawan jenis adalah menuju jenjangan pernikahan lalu membentuk
keluarga yang harmonis.

Jadi,
Temukanlah pasangan yang baik,
yang saling tulus menyayangi..
Bukan berdasarkan pandangan yang
salah..
Karena Tuhan meyediakan banyak pilihan untuk kita..
Yang
berkualitas baik, yang terbaik. Yang seiman
Saling mengerti untuk
saling membangun melewati hidup..
Saling melengkapi baik kekurangan
maupun kelebihan masing-masing
Pokoknya yang secocok-cocoknya deh...
Disertai
bimbingan Tuhan juga,
Sehingga pada akhirnya
Kita dapat menyebut
bahwa Cinta itu
Indah~

God Bless..

mitos cinta..

Yoshua's picture

Ada yg setuju ada yg enggak..

Setuju : Ga ada gunanya cari orang tepat 100% dgn kita. Kuncinya adalah menjadi orang yang tepat.

Ga setuju : Menurutku jodoh itu di tangan Tuhan, Nael. Hehehe..masalahnya kita mo cari di tangannya Tuhan ato enggak. Banyak tokoh alkitab yg jodohnya disediakan Tuhan begitu saja (bahkan Adam sendiri ketika ia sedang tidur)..

Secara keseluruhan, ini blog yg berguna bgt.

Thanks y.

Gbu abundantly Smile

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Mencari,biar sesuai dgn

Geadley Lian's picture

Mencari,biar sesuai dgn khendak Tuhan,
Mencari,jgn terlalu mengikut kata hati,
Berdoa,mohon Tuhan tunjukkan,
Berdoa,bukan hanya sekali.

Waktu,menjadi penentu,
Waktu,saksi khidupan manusia,
Biarlah,kehendaknya jadilah,
Maka hidup akan bahagia

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

really?

Nael's picture

ohh..jadi jodoh di tangan Tuhan Yosh? Hmm.. rada bingung ini teh..ahahaa terus kenapa kalo jodoh di tangan Tuhan, tetapi ada orang-orang Kristen yang menikah lalu bercerai?

@Geadley, salam kenal... thanks untuk puisinya..hhohoho

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

@Nael: jodoh di tangan Tuhan

Yoshua's picture

Nael.. adanya perceraian ga menunjukkan jika jodoh di tangan manusia. Knapa terjadi perceraian? Cb baca Mat 19: 1-12.
Dari awal penciptaan, Allah menciptakan Adam dgn seorang Hawa, saat itu hanya satu tulang rusuk Adam yg diambil. Tuhan tdk mciptakan Hawa, Nancy, Sarah, Jesicca, Sherly dll, lalu Tuhan menyuruh Adam untuk memilih salah satu. Namun Allah menjodohkan Adam hanya dgn hawa..
Aku percaya kalo dah jodoh, meski pisah ampe ujung dunia bakal ktemu. Tp..kalo g jodoh, meski dekeet bgt tp ga akan bersatu..
hehehe..

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

hmm

Nael's picture

Kenapa jadi perceraian, kalo kata ayat itu sih "Karena ketegaran hatimu Musa mengizinkan kamu menceraikan isterimu"

Ya, jadi sebenarnya kan perceraian tidak boleh. Tpi terjadi karena manusia itu sendiri yang salah langkah, dan keinginan dosa-nya sendiri itu.

Itu berarti, dalam masa pacaran ia tidak peka dalam memilih pasangan bukan? Masa sih kalo sudah pacaran dan melangsungkan pernihkahan tapi bercerai dan tetap jodoh di tangan Tuhan? Bukannya jika jodoh di tangan Tuhan maka, seharusnya tak akan bercerai? Lalu, jika jodoh ditangan Tuhan, meskipun orang itu tidak kita suka bahkan benci apakah Tuhan tetap mempersatukan dalam pernikahan?

Lalu, kalo Adam diciptakan lalu hanya ada Hawa saja, maka Tuhan mengajarkan bahwa kita setia pada satu pasangan saja. Itu saja yang Tuhan ajarkan kalo kata saya sih, lagipula awal diciptakan Hawa memang untuk menemani Adam dan memenuhi dunia, 1 Hawa saja sudah cukup tidak usah menciptakan wanita lain, tetapi kita hidup di dunia yang sangat banyak manusia-nya kan?hehehe..

Bagaimanapun, kita harus meminta bimbingan Tuhan dan berusaha untuk mendapatkan pasangan yang tidak kita sesali seumur hidup, sehingga perceraian pun tidak akan kita lakukan sampai maut memisahkan... Bukan hanya berharap Tuhan menjodohkan dengan seseorang yang tepat yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan kita, tapi bagiamana kita dapat melayani lebih efektif bersama pasangan kita itu, bukan sibuk dengan urusan perceraian.. yah?hehe

^^

 

 

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

@nael: tentang jodoh (lagi)

Yoshua's picture

Maap mungkin tempo hari kurang jelas. Akan aku perjelas lagi..

Kamu berkata "Masa sih kalo sudah pacaran dan melangsungkan pernihkahan tapi bercerai
dan tetap jodoh di tangan Tuhan? Bukannya jika jodoh di tangan Tuhan
maka, seharusnya tak akan bercerai?"

Aku jawab. Bisa aja. Kalau kita baca Mat 19:6. Perceraian adalah istilah yg diciptakan manusia ketika konflik dianggap tidak bisa diselesaikan secara personal dan menempuh jalur hukum. Perceraian bukan istilah rohani. Kalo konflik emang alkitabiah, konflik selalu ada dari awal penciptaan. Cuma suatu kesalahan besar jika konflik diselesaikan dengan perceraian. Karena apa? Meski secara hukum perceraian berarti tidak ada lagi ikatan pernikahan. Tapi di mata Allah, jodoh tetap jodoh. Perceraian tidak bisa memisahkan. Ketika Allah menjodohkan.. itu berlaku selamanya (sampai maut memisahkan)..

Kamu berkata, "jika jodoh ditangan Tuhan, meskipun orang itu tidak kita suka
bahkan benci apakah Tuhan tetap mempersatukan dalam pernikahan?"

Aku jawab Masa sih cara kerja Tuhan seperti itu.. Jodoh dari Tuhan pasti terbaik..

Trus tentang Adam, itu berangkat dari tulisanmu yg bilang, "Tuhan sudah meneydiakan
siapa-siapa yang cocok dan yang seiman menjadi pasangan hidup kita.

Tapi ternyata bukan begitu, Nael. Tuhan tidak memberikan pilihan kepada Adam. Alkitab tidak bilang jika Adam akhirnya memilih Hawa setelah menilai bahwa Hawa lebih tepat dibandingkan Nancy dan Jessica. hehehe.. Memang waktu itu manusia belum banyak. Tapi dari situ kan kita bisa belajar tentang cara kerja Allah. Apakah cara Allah yg dulu berubah dari yg sekarang? Tentu saja tidak..

Okay. Boleh saja kita berbeda pendapat dalam hal ini. Thats ok, toh Paulus dan Barnabas juga pernag berbeda pandangan. Tapi kita tetep satu pemikiran di dalam Kristus..

Makasih yak

God bless :)

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

^^

Nael's picture

wow oke dah kalo begitu..hehehe kita bisa berbagi pendapat

thanks

 Gbu too~

pengen tw kalo Paulus dan barnabas berbeda pendapat dalam hal apa yah??hehehe

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

@Nael : berbagi pendapat

Yoshua's picture

Paulus dan Barnabas beda pendapat soal markus, pasti kamu dah sering baca Kis 15:35-41..

Yup..inilah yg membedakan sabdaspace teens ama dewasa. Perbedaan pendapat bukan masalah yg benar ato salah, tapi kesempatan untuk membuka pikiran terhadap orang lain..hehehe..Laughing

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Dear Nael

Geadley Lian's picture

Perkahwinan kristen hanya sekali ngak ada 2 atau lebih.
Sesebuah perkahwinan seharusnya diusahakan kekal selamanya,
karena Tuhan sudah berbicara dalam efesus,kasihilah istri/
suamimu.Meskipun dia tidak secantik/segantang manapun,Tuhan
sudah tetapkan,perceraian tidak seharusnya berlaku dlm
keluarga kristen.Gbu always:-)

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

Dear Geadley

Nael's picture

iaa, sebenernya itu sih yang dikehendaki Tuhan, pernikahan sekali saja. Jadi kita harus hati-hati dalam memilih pasangan, karena belum tentu pacar kita saat ini merupakan pasangan yang tepat bagi kita untuk melangsungkan sebuah keluarga yah??hehehe

Gbu too~^^

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Dear Nael

Geadley Lian's picture

Makanya cari dulu khendak Tuhan baru bisa ktemu ma pilihannya,
bukan pilih sendiri loh.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

sry,, bs jelasin?..

rachel's picture

ehm,,

" Makanya cari dulu khendak Tuhan baru bisa ktemu ma pilihannya,
bukan pilih sendiri loh."

gw ga ngarti maksud dari "cari dulu kehendak Tuhan"

bs tolong dijelasin...?

sry2..

• the kingdom, the power, and the glory, are Yours 4ever •

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

• the kingdom, the power, and the glory, are Yours 4ever •

hmphh..

Nael's picture

mungkin suru baca alkitab sampai habis dulu??hehehe.. ato doa yang rajinn x.. :p

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Rajin

Geadley Lian's picture

Doa toh biar rajin2.Baru tau gmana pasangan yg Tuhan pilih.
Ngak boleh suka2hati dong.Parah....tau.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

Disclaimer | Situs ini dibuat oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) © 2008-2016 | Buku Tamu | E-mail: webmastersabda.org
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran