Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDA Space Teens

Loading

Ketika Tuhan Memilih

Yoshua's picture

“dan Indonesia memilih..” teriak host sebuah kontes bakat yang pastinya udah familiar banget buat kita. Lalu sejenak ia diam, menebar suasana tegang ke seluruh penjuru arena, sementara sound effect berpadu dengan lighting menambah suasana horror. Kamera pun ga mau kalah menyuting tiap detail ekspresi para finalis, keluarganya bahkan supporter mereka. Kebayang ga kalo nama kita disebut oleh presenter?? ”Selamat! Kamulah pemenangnya!!! Indonesia yang memilih. Indonesia yang menentukan.”

Seketika itu meledaklah euphoria seluruh arena konser spektakuler, riuh sorak, tangis haru melebur jadi satu. Ternyata belum..tidak hanya itu, menjadi the next Indonesian idol berarti kesempatan untuk mewujudkan mimpi sebagai superstar (dan punya banyak duit tentunya) ada di depan mata persis..

Wuiih..segitu hebohnya jadi pilihan manusia. Apalagi jadi pilihannya Tuhan yak?? Dahsyat pastinya!!

Sobat teens, ada satu fakta yang ga bias dipungkiri, bahwa Allah itu pemilih. Yup, diantara semua bangsa di dunia, Tuhan memilih Israel sebagai umat pilihan Nya. Diantara bangsa Israel, Ia pun memilih suku Lewi untuk melayani pekerjaan Nya. Kemudian diantara suku Lewi pun, Tuhan masih memilih keturunan Harun yang berhak memimpin ibadah dan membakar korban kepada Allah. Sepintas berasa Tuhan itu pilih kasih ya?? Eitss..pemilih belum tentu pilih kasih lowh. Buktinya meski status kita cuman tunas liar, tapi kita berhak menerima janji berkat dan karya keselamatan Yesus (Rom 11:17).. woow..bener2 Allah yang pemurah.

Tuhan pun belum berhenti memilih hingga sekarang. Orang2 pilihan Nya adalah mereka yang tujuan hidupnya adalah melayani Tuhan, memberikan hatinya sepenuhnya dan seutuhnya bagi pekerjaan Tuhan. Mungkin ia terlibat dalam pelayanan pastoral, penginjilan, multimedia dll.. Namun yang membedakan dengan orang kristiani yang lain adalah totalitas.

Wuiiih..susah donk jadi orang pilihan Nya?? Hmm…ga nyampe segitunya kali..kalo kita mengurus pekerjaan Nya dengan segenap hati kita, Ia pastinya bakal menjamin setiap kebutuhan kita juga. Full!

Orang pilihan ga kudu menyandang atribut gerejawi lowh, karena bukan rahasia lagi ada pengerja gereja yang seolah melayani Tuhan tapi ujung-ujungnya duit. Orang pilihan mungkin menekuni karier yang lain, namun penghasilannya digunakan untuk mensupport pelayanannya, jadi ga hanya bergantung pada jemaat, donator ato semacam badan missi..

Ada 2 kategori orang pilihan. Pertama, mereka yang telah ditetapkan pada mulanya. Buat mereka ga ada kata lain kecuali “menyerah” pada panggilan Tuhan (hehe..rasain), soalnya sekalipun mereka lari sampe ke ujung dunia, Tuhan pasti akan mendapatkan dia. Inget kasusnya nabi Yunus, sekalipun ia mencoba kabur ke Tarsis, Tuhan membawanya kembali ke Niniwe untuk bernubuat atas nama Nya.

Sedang kategori kedua diperuntukkan bagi mereka di luar kategori pertama (ya ea lah..) tapi memiliki kerinduan dan kesetiaan dalam melayani Tuhan sehingga Ia memberikan kesempatan bagi mereka untuk menjadi orang pilihan Nya. Inget kasusnya pemuda kaya yang taat banget sama hukum Taurat? Yesus pun menawarkan kesempatan untuk mengikuti Nya (baca: menjadi orang pilihan). Namun ternyata sang pemuda lebih sayang hartanya yang fana. Ia melewatkan kesempatan berharga menemukan “harta sejati” dalam hidupnya (Mar 10:21-22)

Trus..trus apa istimewanya jadi orang pilihan?? Toh asal percaya Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi udah dapet keselamatan plus janji berkat kan?.. Lebih dahsyat daripada jadi superstar pastinya, hehe.. Selain perkara kuasa dan kemuliaan yang dinyatakan buat kita, yang terpenting kita bisa nemuin moment2 terindah dalam hidup kita saat kita melayani Dia. Mungkin ga ada garansi ntar bakal jadi orang berduit dan terkenal, tapi yang jelas kita bisa dapetin kebahagiaan sejati bersama Nya (oww..so sweet yak??), soalnya buanyak orang sukses musti jadi orang lain dulu demi tuntutan karier, sedangkan ketika kita melayani Tuhan justru kita menemukan jati diri kita di dalam Dia..

Nah masih penasaran?? Yup, aku tahu blog ini sangat terbatas untuk menjelaskan pekerjaan Nya yang ajaib melalui orang pilihan, tapi biar Roh Kudus aja yang boleh membantu menyelidiki hati tiap kita. Oya..ketika kalian membaca tulisan ini, mungkin ini suatu isyarat dari Tuhan bahwa Ia sedang memilihmu.. Laughing

Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu, damai sejahteraKu Kuberikan kepadamu dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Jangan gelisah dan gentar hatimu (Yoh 14:27)

aku sudah merasakannya :)

novi lorensia's picture

tulisan koko masuk banget,.. aku merasakan semuanya,..
hehehhee..
bener banget, kalau Tuhan udah memilih kita semenjak dari kandungan, maka kemanapun kita pergi, kemanapun kita lari dan menghindar, apapun yang terjadi dalam kehidupan kita, maka semuanya nggak akan bisa membuat kita terhindar dari panggilan dan pilihan Tuhan...
semuanya mejadi begitu indah,..
kita akan langsung ditarik saat kita menjauh,.. karena kehendakNya lah yang harus terjadi .. :)

selamt menikmati menjadi manusia pilihan Tuhan temen2.. ;)
GBU...

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

@novi (lagi)..

Yoshua's picture

wooww..diusia semuda kamu udah begitu yakin akan panggilanmu..

hehehe..koko jg harus banyak belajar punya iman kayak kamu..

Tetep semangat yak, karena perjalanan orang pilihan akan sangat panjang (dan mungkin berliku).. Bukan karena sok-sok an koko nulis gini, soalnya koko udah bertaon-taon lahir baru.. dan koko menyadari iblis selalu cari celah sekecil apapun supaya kita ragu predikat kita ragu bahwa kita ini orang pilihan Nya..

Tetep smangat!!

Makasih buat komennya. Gbu :)

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Usia bukan ukuran

Geadley Lian's picture

Tuhan tidak memandang usia seseorang kalo seseorang itu telah dipanggil utk melayani.Ingat Daniel,Hananya,Misael & Azarya juga dipakai Tuhan pada zaman pemerintahan Nebukadnezar.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

Meski

Geadley Lian's picture

Meski dunia mbrikan harta namun harta hanyalah bisa dinikmati saat masih bernyawa,namun Tuhan mjanjikan sstu yg kekal abadi yaitu kasih,penyelamatan & berkat.Jadilah superstar Kristus yg sejati ya teman2 skalian.Pasti upahnya adalah syurga.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

@Geadley

Yoshua's picture

hehe..superstarnya Kristus.. aku suka kata-kata itu..

Jadi pelayannya Tuhan pastinya lebih indah daripada jadi bos/tuan di dunia..

Thanks Geadley..

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Talenta

Geadley Lian's picture

Kalo punya talenta nulis lagu,jadikan ia sebuah buku & jangan lupa rakan serumpun.Superstar Kristus harus yakin ok...

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

talenta

Yoshua's picture

Bukannya yang punya talenta nulis lagu itu kamu ya?

Ayo semangat bikin lagu pujian terindah bagi Dia

Ditunggu karya2nya lho. hihi..

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Disclaimer | Situs ini dibuat oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) © 2008-2016 | Buku Tamu | E-mail: webmastersabda.org
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran