Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDA Space Teens

Loading

Mengasah Kesabaran dan Emosi dgn Melukis

rachel's picture

Melukis dapat mengasah kesabaran dan emosi

Mungkin beberapa dari kita sering mendengar kalimat diatas. Biasanya sering diperdengarkan oleh tempat- tempat les lukis untuk menarik perhatian orang. di blog pertamaku ini aku ingin mengsharekan sedikit pengalamanku yang berhubungan dengan hal tsb. dan mungkin bisa membuat teman" mengerti betapa harus sabarnya melukis itu..

Aku gemar melukis sejak SD dan dengan sukses kupertahankan sampai sekarang. Aku yakin, selain aku, pasti banyak dari teman- teman yg gemar melukis juga, karena melukis itu adalah hobi yang lumayan umum.

Pertama kali aku melukis, alat yang kugunakan adalah krayon. Lalu di kelas 1 SMP aku mulai beranjak ke cat air karena pelajaran lukis di sekolah mewajibkan anaknya untuk memakai cat air. Di kelas 3 ini aku mulai berlatih menggunakan cat di atas kanvas. Terkadang aku menggunakan cat akrilik atau cat minyak. Aku jarang sekali memakai pensil warna, karena pensil warna digunakan hanya untuk daerah yang detil/kecil saja (disebabkan oleh ujungnya yang lumayan kecil).

Melukis itu adalah tempat untuk menuangkan ide dan perasaan. Akan sulit bila ingin melukis sebuah permukaan air yang jernih dan tenang, dengan hati sang pelukisnya yang sedang awuk- awukan (tidak tenang gitu maksudnya..hehe). Hasilnya pasti tidak akan bagus. Selain itu, untuk menghasilkan gambar yang bagus, diperlukan kesabaran dalam membuatnya. Gak bisa langsung jadi seperti apa yang kita mau. Kita harus mengerti gambar bertema apa yang akan kita gambar dan mengenal satu persatu warna dan peralatan lukis kita. Mungkin kalau diibaratkan seperti teman (aku harap ini gak berlebihan). Kita harus mengerti pribadi dari masing- masing warna yang akan kita pakai. Perpaduan yang cocok dari warna- warna tersebut, goresan- goresan yang cocok dari alat gambar yang kita pakai, dll. Itu semua bukanlah sesuatu yang sulit. Hanya memerlukan ketelatenan untuk mencoba sekaligus latihan. Atau biar keren pake bhs. inggrisnya, mesti terus pactrice. Juga berani untuk mencoba alat- alat lukis yang lain dan mengenalnya. Sebagai contoh cat, meski namanya sama- sama cat, tapi ketiga cat yang sempat kupakai dalam 3 tahun ini ternyata mempunyai sifat yang berbeda. Akan sangat menyenangkan ketika mengetahui perbedaan dari masing- masing alat dan dapat menggunakannya dengan baik. Melukis bknlah kegiatan yang memerlukan biaya mahal. Tak perlu jauh- jauh mikir ke kanvas. Dengan sebatang pensil, rautan, penghapus, dan kertas pun kita bisa menghasilkan gambar yang lumayan bagus.

Mungkin itu semualah yang membuat kesabaran sekaligus emosi bisa terasah dengan melukis. Bayangkan saja bila kita tidak sabaran saat melukis. Mungkin hanya membuat sketsa 5 menit saja langsung merobek kertas (ini sih org emosian bgt). Padahal kalau dengan waktuKU, melukis dengan krayon di atas kertas A3 memerlukan waktu kira-kira 1-2 jam, melukis dengan car air/minyak/akrilik di atas bidang yg kurang lebih besarnya 30x40cm memerlukan waktu kira-kira 4 jam. Kalau gambar yang besarnya lebih dari 1 meter berapa lama ya? Pasti sangat sabar dalam membuatnya. 

 

 

 

Ams. 15:18

si pemarah membangkitkan pertengkaran, tetapi orang yang sabar memadamkan perbantahan.

Ak suka menggambar, bahkan

amelia's picture

Ak suka menggambar, bahkan itu adalah salah satu hal yang paling kusyukuri hingga saat ini. Ak tidak tahu apakah menggambar dan melukis itu berbeda, tapi biasanya lukisan merujuk pada gambar yang dibuat di atas kanvas dengan cat. Jadi ak akan menggunakan istilah menggambar, karena ak menggunakan kertas dan pensil.

Pertama kali ak belajar menggambar dengan serius kelas 6 SD, alasannya sederhana, ak ingin membuat gambar seperti yang ada di film2 kartun Jepang itu lho. Waktu itu ak berkata pada diriku sendiri "Kalau orang bisa menggambar seperti itu, maka ak pun bisa menggambar seperti mereka".

Waktu itu ak menggambar memakai buku tulis, karena harganya lebih murah daripada buku gambar dan tidak terlalu mencolok. Ak masih ingat gambar pertamaku jelek sekali. Ak menggambar di mana saja dan kapan saja, di buku pelajaran, di buku catatan, waktu lagi bosan mendengarkan guru, waktu lagi pelajaran, tapi klo ulangan ak tidak berani melakukannya :)

Dari pensil ak mulai menggunakan alat2 lainnya, spidol, pensil warna, crayon, dan cat air. Kini ak menggunakan drawing pen dan mewarnainya dengan pensil warna, tapi klo gambarnya besar ak akan menggunakan cat air.

Ak senang menggambar, karena ak bisa menggambar apa yang kulihat dan kubayangkan di atas kertas.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

manga is fun

Anonymous's picture

hm.. aku jg beranggapan kalau menggambar dan melukis berbeda, namun pd dasarnya sama saja

aku pun senang menggambar kartun jepang (manga). sama sepertimu,
biasanya aku menggambar saat bosan mendengarkan pelajaran..haha. hal
itu membuat semua bagian belakang buku tulis sekolahku terlihat
"ramai"..hahaha

namun berbeda dengan kmu, biasanya aku hanya menebalkannya dengan
drawing pen dan mewarnainya dengan pensil sehingga hanya terlihat
hitam-putih saja.

ngomong", skrg amelia kls brp?

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

ah,,maaf

rachel's picture

yang diatas itu komen dariku

tapi lupa log in,, hehehe

• the kingdom, the power, and the glory, are Yours 4ever •

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

• the kingdom, the power, and the glory, are Yours 4ever •

Selamat Ulang Tahun

Liesiana's picture

Dear Rachel,
Happy Birthday to you, I hope you always succesfull in your life.
God Bless You.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

terima kasih ucapannya

rachel's picture

 thx ^^

God Bless You too

 

• the kingdom, the power, and the glory, are Yours 4ever •

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

• the kingdom, the power, and the glory, are Yours 4ever •

Happy B'day Rachel

Erick's picture

Rachel, jauh-jauh aku dari sabdaspace kemari cuma mo ucapin selamat ulang tahun buat kamu... :)

Bertumbuhlah selalu dengan dasar pengenalan akan Tuhan yang benar.

Kalo lukisannya bagus, kirim ke sabdaspace yah....., aku akan dengan senang hati menikmatinya.

Happy b'day my dear Rachel.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

thx

rachel's picture

haha.. jauh ya?.. brp kilo? hehe

btw, thx ya ucapannya ^^ 

 

• the kingdom, the power, and the glory, are Yours 4ever •

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

• the kingdom, the power, and the glory, are Yours 4ever •

kesan pesan

amelia's picture

duh yang ultah yang ultah, sori telat ngasih selamat, tp seperti kata pepatah, "last but not least" cieee...

Selamat ULTAH yah...

kesan pesan dong, harapan, mimpi, apa yang belum tercapai dan ingin dicapai, walah... :)

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

hahaha thx yahhh ^^

rachel's picture

puitis ni yee..haha

 

thx yahh^^

 • the kingdom, the power, and the glory, are Yours 4ever •

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

• the kingdom, the power, and the glory, are Yours 4ever •

a

Aa ayoeng's picture

menurutku melukis atau menggambar bisa meluapkan apa yang kita rasakan (senang atau lagi marah), tapi bagiku suatu teman selagi sendiri dan hiburan bila tidak ada kerjaan

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

iya bgt nih

rachel's picture

gw setujuuu

• the kingdom, the power, and the glory, are Yours 4ever •

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

• the kingdom, the power, and the glory, are Yours 4ever •

Disclaimer | Situs ini dibuat oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) © 2008-2016 | Buku Tamu | E-mail: webmastersabda.org
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran