Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDA Space Teens

Loading

Yuk ngobrolin soal hati..

Yoshua's picture

Shallom.. Semangat pagi!! Nah kapanpun kalian membaca, anggaplah hari masih pageee.. Semangat full, sukacita abis di recharge.. Sobat, di hand pattern game (blogku terdahulu), kita belajar bahwa salah satu bagian tubuh yang paling merepresentasikan kita banget adalah telapak tangan. Trus..trus.. kalo bagian tubuh yang paling kuat apaan?? Mungkin ada yang menjawab tulang ato gigi? Hmm..boleh dah, tapi ada satu lagi yang ga boleh ketinggalan, yaitu hati.. Lho kog?

Yup, ternyata hati punya kemampuan regenerasi sel yang gede banget. Beda ama kebanyakan organ lain, proses pergantian sel hati yang rusak berjalan sangat cepat, sehingga hanya kerusakan yg parah banget yg bakal bikin sakit hati.

Selain tahan banting, organ ini juga dilindungi oleh rangka dan rongga perut. Bukan tanpa alasan Tuhan memberi proteksi lebih pada organ ini, hati menjalankan tugas yang campur aduk, mulai dari detoksifikasi, penyimpanan, pembongkaran, hingga sintesis. Woow rasanya ini organ yang paling multifungsi deh..

Hati kita (secara kiasan) juga berguna untuk menyatakan sekian banyak perasaan, cinta, kekuatan, sukacita hingga kecewa dan sedih. Hati kiasan ini tentunya juga punya kekuatan yang dahsyat yang jarang kita bayangkan. Salah satu filosofis tiongkok menyebutkan “selama kita memiliki keteguhan hati, bahkan besi yang digosok terus menerus dapat menjadi sebuah jarum.” Kisah lain yang menunjukkan betapa kuatnya ketika hati dilibatkan adalah Yakub. Ia rela bekerja 14 tahun tanpa upah untuk mendapatkan Rachel..

Namun sekuat apapun, hati punya keterbatasan juga. Ada kalanya virus, intake alkohol ato lemak berlebih, bias bikin hepatitis. Ato sumbatan parah bias memicu jaundice (sakit kuning). Begitu juga hati kita (kiasan) meski setegar apapun, bukan berarti ga akan rapuh. Sebab dunia sering memaksa kita berkaya “ya” padahal dunia ga pernah berkata “ya” pada kita. Berbagai cobaan senantiasa menghimpit anak-anak Tuhan, memaksa mereka menyerah dan mengakhiri dengan hati yang remuk.

Sodaraku, aku selalu dikuatkan ketika merenungkan ayat ini. “Tuhan itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya” (Maz 34:19). Hati yang remuk bukan perkara biasa, karena hati identik dengan kekuatan. Namun jika toh suatu saat hati kita hancur, ingat selalu bahwa Tuhan mau melawat kita, memulihkan hati yang terluka bahkan remuk sekalipun itu spesialisasinya Tuhan banget..

Suatu siang di kota Semarang, warga setempat dihebohkan dengan ulah seorang pemuda (sebut saja Mr. X) yang nekad memanjat billboard (bukan untuk bungee jumping ato atraksi terjun bebas, namun ia mengancam akan bunuh diri). Berdasar investigasi, Mr X nekad ingin mengakhiri hidup karena masalah sepele, cintanya bertepuk sebelah tangan. Namun ia mencampur adukkan semua pergumulannya jadi satu, sehingga ia merasa hidupnya hanya serangkaian kegagalan, gagal dalam study, karier bahkan cewe yang dicintainya pun enggan menganggapnya ada.

Akhir kisah, setelah si cewe didatangkan, Mr X pun luluh. Ia berhasil dievakuasi dan digelandang ke poltabes. Selain disidik juga didatangkan pemuka agama untuk memberi wejangan. Bukannya menurut, malahan Mr X berkilah, “seandainya ada yang mau memberi separoh hartanya buatku..baru aku mau jadi pemuda baek2..” Sang pemuka agama pun hanya bias berkata, “istighfar nak..” (soalnya dia sendiri ga rela separoh hartanya buat Mr. X). hehehe..

Ketika mendengar kisah nyata pemuda yang hancur hati itu disebuah harian nasional, ku berpikir, seandainya ia tahu.. ada seorang pribadi yang bukan hanya mau memberi separoh harta..bahkan seluruh hidupnya, rela diberikan. Dia adalah Yesus.. Sobat, pernah liat lukisan hati kudus Yesus? Disitu tergambar hati yang terluka oleh tusukan dan mahkota duri. Namun terbakar oleh api cinta Nya, secara simbolik ini dimaksudkan sebagai kekuatan cinta ilahi yang mengubahkan, tetap mengasihi meski disakiti.

Feel broken? Datanglah pada Yesus. Mungkin yang bisa kita persembahkan hanya hati yang hancur berkeping-keping. Tapi toh Yesus tetep mau menerima, bahkan Ia memberikan hati Nya yang baru, hati yang terbakar oleh kasih Nya yang mengubahkan. Sehingga kita bisa berkata “aku kuat” ketika dunia mendera menghimpit kita.. dan yang terindah, kita bisa dipakai Nya untuk membagikan hati itu buat orang lain.

Damai bagi kita =)

Manusia mudah putus harapan

Geadley Lian's picture

Manusia mudah putus harapan shingga mrk ngak sadar bahwa Yesus adlh jalan kluar bagi umat yg pcaya padanya.Mrk sangat mmerlukan khadiran Yesus dlm hati & dibimbing agar bisa mngenal
jalan yg benar dlm Hidup.Mlli cara itu,manusia akan tahu bahwa
ada pharapan buat mrk utk terus bertahan utk hidup & bersaksi
mnyatakan kbaikan Tuhan.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

memang tak selamanya kuat...

novi lorensia's picture

bener banget ko,..
hati kita emang nggak selalu bisa kuat dan tegar...
ada kalanya, hati menangis karena kesedihan yang tak lagi mampu dihibur sendiri,..karena pergumulan yang tak lagi bisa di hadapi sendiri oleh hati...

aku pernah menangis sendiri ke Dia,..karena hatiku tak lagi kuat...

tapi Yesus itu setia,..Dia selalu menjadi yang pertama yang memelukku,..
juga kita,..
dan saat berada di pelukanNya,..kita bisa membuka seluruh hati kita..

^^

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

@Novi, ya!

Yoshua's picture

Bener bgt, nov. Ada kalanya aku berharap kepada orang lain untuk bisa menolong dan melepaskan aku dari masalahku.. Namun ternyata pengharapa itu sia-sia. Aku harus menghadapi pergumulanku seorang diri.. tapi ternyata aku akhirnya sadar, ada pribadi yg tetep bertahan menemani aku..

Yesus emang hebat Smile

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Ya..

Coronahsfz's picture

Aku pun trkadang putus asa jika menghadapi sesuatu yg aku rasa aku sama sekali tak kuat,tapi kmbali aku punya YESUS,,
sahabat/BAPA/mempelai yg selalu ada untk aku :-)

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

THANKS GOD

@Coronahsfz, siip..

Yoshua's picture

Yup..Yesus emang segalanya. Ia selalu ada buat kita, ketika yg lain begitu mudahnya sirna..

Makasih udah membaca blog ini.

Gbu Smile

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Semua

Geadley Lian's picture

Semua anak2 Tuhan pasti percaya bahwa Tuhan sllu mnyertai stiap langkah agar tidak tersesat & tidak tllu risau.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

pasti

Yoshua's picture

Yup bener bgt..

Makasih Gedley udah baca blog ini..

Tetep berjalan dalam penyertaan Tuhan.

Gbu Smile

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Trimss

Nael's picture

Nice blog yoshh... ^^ hati kita memang lemah meskipun kita merasa kuat. Kita perlu minta kekuatan pada Tuhan untuk meneguhkan hati kita ini. Hati yang penuh dengan macam2 rasa.
Tengggkyuuuu
Gbu~

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

@Nael, pastinya

Yoshua's picture

Bener bgt, ga selamanya hati kita bisa kuat.. hati kita perlu diubahkan seperti hati Nya..

Tengkiu dah baca blog ini..

Met melayani dengan hati Tuhan. Gbu Smile

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Yup

Geadley Lian's picture

Sudah tentu kok.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

gudd

Charista's picture

wawhhh bener bangett tuhh...
disaat segala hal menghimpit kehidupan kita hanya Yesus lah satu2nya yg harus dan dapat kita datangi. Sebab Dialah yg memberi kekuatan supaya kita dapat menghadapi hal terberat sekalipun.

God bless friends^^<

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Tahu

Geadley Lian's picture

Tuhan mengenal hati manusia dengan sedalam-dalamnya.Tuhan tau kbutuhan manusia.

<- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Geadley

Disclaimer | Situs ini dibuat oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) © 2008-2016 | Buku Tamu | E-mail: webmastersabda.org
Bank BCA Cabang Pasar Legi Solo - No. Rekening: 0790266579 - a.n. Yulia Oeniyati
Laporan Masalah/Saran